Ini 3 Cara ampuh Atasi Kulit Kering Selama Puasa Ramadhan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kulit kering merupakan keluhan umum yang sering kali dialami oleh sebagian Muslim yang tengah berpuasa. Apakah Sahabat Muslimah salah satunya?

Ramadhan akan datang dalam hitungan hari. Umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani bulan Ramadhan 1442 H pada April minggu kedua. Bulan April di Indonesia bertepatan dengan adanya peralihan Musim hujan ke Musim kemarau. Akibatnya, berpuasa saat musim kemarau dapat menyebabkan kulit cenderung lebih cepat kering.

Terlebih lagi saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan cairan selama kurang lebih 13 jam. Sementara itu, metabolisme tubuh akan tetap bekerja seperti biasanya, dengan mengeluarkan cairan berupa keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Dengan begitu, kulit bisa mengalami dehidrasi.

Dilansir dari laman The Asian Parent Indonesia, seorang dokter spesialis Dermatovenerologi, dr. Ika menyebut kendala menjaga hidrasi kulit saat berpuasa karena adanya perubahan pola makan, yang biasanya tubuh memperoleh makanan dan minuman tanpa adanya batasan. 

Nah, berikut ini terdapat 3 cara mengatasi kulit kering selama Ramadhan, disajikan secara khusus bagi Sahabat Muslimah. Simak baik-baik, ya!

1. Minum air putih saat sahur dan berbuka

Pastikan, kamu tetap mencukupi kebutuhan minum air putih minimal 2 liter dalam sehari. Volume 2 liter air kurang lebih setara dengan 8 gelas air. Apabila, kamu melakukan kegiatan yang terlalu menguras keringat, maka asupan cairannya harus lebih tinggi dari biasanya.

Menghidrasi kulit dengan cara yang efektif merupakan kunci agar kulit tetap lembab. Oleh karenanya, kamu dapat membagi waktu agar asupan cairan tubuhmu tetap tercukupi selama berpuasa, seperti di bawah ini.

· 1 gelas setelah bangun tidur

· 1 gelas setelah sahur

· 1 gelas saat berbuka puasa

· 1 gelas setelah shalat magrib

· 1 gelas setelah makan

· 1 gelas setelah shalat isya

· 1 gelas setelah shalat terawih

· 1 gelas sebelum tidur

Selain itu, kamu juga dianjurkan minum air detox, yakni mencampurkan air putih dengan mentimun, mint, ataupun lemon diyakini dapat melembabkan kulit secara alami. Otomatis, kebutuhan vitamin akan kulitmu akan terpenuhi. Nutrisi yang akan kamu peroleh antara lain; vitamin B1, B2, B3, B5, B6, Asam Folat, vitamin C, zat Besi, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Kalium, dan Seng.

Kemudian, kamu juga harus membiasakan untuk mengurangi minuman yang kadar asamnya cukup tinggi seperti soda dan kopi. Konsumsi kafein selain membuat tidak nyaman bagi penderita maag, efek lainnya akan membuat tubuh cepat dehidrasi saat berpuasa. Maka dari itu, kafein harus dihindari selama Ramadhan.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Setelah berbuka puasa maupun ketika sahur, perhatikan kecukupan nutrisi yang mengandung serat dan antioksidan, ya sahabat Muslimah. Makanan yang tinggi akan antioksidan dan serat tak hanya dapat menghidrasi kulit saja bahkan dapat mencegah penuaan dini, lho.

Sumber makanan yang kaya antioksidan dan serat bisa kamu temui pada buah dan sayur. Makanan tersebut memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa sayur dan buah dapat menghidrasi kulit.

3. Menggunakan skincare dan bodycare yang dapat melembapkan kulit

Hidrasi kulit wajib dilakukan baik dari dalam maupun luar tubuh. Makanya, pemakaian skincare dan bodycare tidak boleh terlewatkan selama bulan Ramadhan.

Penggunaan skincare ataupun bodycare secara rutin dapat mengatasi kondisi kering pada kulitmu. Enggak hanya itu aja, kamu juga tidak boleh keseringan mencuci muka. Sebab, membersihkan wajah secara berlebihan dapat membuat kulit kehilangan minyak alaminya dan bisa-bisa kulitmu cenderung mudah kering.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kering. Semoga bermanfaat, ya.