Ini Alasan Kenapa Skincare dengan Kandungan Niacinamide itu Penting!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, saat berada di rumah dan menjalankan kegiatan Work from Home (WFO), pasti tidak membuat kita lupa untuk senantiasa menjaga dan merawat kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian besar orang khususnya kaum wanita.

Nah, berbincang mengenai merawat kulit, kamu sudah tahu kan bahwa kebutuhan skincare setiap orang berbeda karena adanya penyesuaian kandungan yang terdapat di dalamnya dengan jenis kulit. Namun, ternyata ada satu jenis kandungan skincare yang sangat ‘penting’ untuk dimiliki setiap orang, yaitu niacinamide.

Melansir dari laman Cosmopolitan, niacinamide adalah suatu bentuk Vitamin B3 (niacin) yang merupakan salah satu dari delapan Vitamin B yang dibutuhkan tubuh kamu untuk berfungsi optimal. niacinamide menjadi bahan yang sangat penting karena dapat meratakan warna kulit, mencerahkan kulit yang kusam, pelindung kulit dan merupakan antioksidan kuat yang membantu mengurangi dampak buruk lingkungan terhadap kulit.

Berikut alasan yang membuat kandungan niacinamide itu penting bagi kulit yang telah dirangkum Muslimahdaily.

1. Mengatasi jerawat dan pori-pori berlebih

Kandungan niacinamide yang terdapat dalam skincare kamu, bisa mengatasi jerawat bahkan hingga jenis yang parah atau meradang. Selain itu, niacinamide juga bisa mengurangi pori-pori yang membesar atau tersumbat serta mengembalikannya pada kondisi tekstur kulit yang lebih baik, dengan catatan menggunakannya secara rutin dan untuk jerawat yang parah kamu harus berkonsultasi, lalu mengikuti instruksi yang dianjurkan oleh dokter ya, Sahabat Muslimah.

2. Membantu mengurangi kemerahan atau peradangan

Kemerahan atau peradangan seringkali membuat beberapa orang tidak percaya diri karena warna kemerahan yang ditimbulkannya. Nah, skincare yang mengandung niacinamide bisa mengurangi kemerahan atau peradangan baik yang disebabkan oleh jerawat, eksim atau kondisi inflamasi lainnya.

3. Membantu mengendalikan kelenjar sebaceous

Kelenjar sebaceous adalah suatu kelenjar minyak pada kulit yang mampu menghasilkan sebum atau minyak alami. Niacinamide bisa mengendalikan dan mencegah kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak berlebih serta membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menjadi pelindung dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi, racun dan lainnya.

4. Menghasilkan penghalang lipid pada kulit

Niacinamide juga bisa menghasilkan penghalang lipid pada kulit atau ceramide yang akan mempertahankan kelembaban kulit sekaligus menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini sangat membantu bagi penderita eksim.

5. Mengatasi penuaan dini pada kulit

Kerutan atau penuaan dini memang kerap terdengar menakutkan, karena akan membuat tampilan menjadi lebih tua dari usia sebenarnya. Kandungan niacinamide bisa membantu kulit kamu membangun keratin atau sejenis protein yang membuat kulit menjadi kencang, kenyal, dan tampak sehat sehingga kamu terlihat awet muda serta bercahaya.

Nah, itu dia alasan skincare dengan kandungan niacinamide itu penting. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan niacinamide yang sesuai baik itu berupa pembersih wajah, masker wajah, serum, krim dan yang lain sebagainya, menyesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan kulit kamu, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment