7 Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi, Kamu Sudah Tahu Belum?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Menstruasi sangat erat kaitannya dengan wanita. Umumnya, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya dengan siklus dan periode berbeda. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai mitos yang beredar seputar menstruasi. Tidak sedikit juga wanita yang mempercayainya, sehingga mitos ini terus beredar ke generasi-generasi selanjutnya.

Padahal hal ini belum dapat dipastikan kebenarannya lho, Sahabat Muslimah.

Beberapa mitos yang beredar di antaranya, larangan olahraga, keramas dan berenang saat dalam keadaan haid. Biasanya mitos ini disampaikan oleh para orangtua atau dari mulut ke mulut antara kerabat dan teman. Selain itu, adanya mitos ini juga cenderung membuat wanita merasa was-was dan khawatir.

Oleh karena itu, kamu perlu tau apa saja mitos dan fakta seputar menstruasi yang telah dirangkum Muslimahdaily berikut ini.

1. Larangan berolahraga

Mitos ini merupakan mitos umum yang paling banyak didengar khususnya pada kalangan remaja. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa melakukan olahraga akan membuat tubuh lemas.

Faktanya, olahraga tetap disarankan agar tubuh tetap bugar, meningkatkan mood serta meringankan nyeri atau kram perut yang dialami saat menstruasi. Kamu dapat memilih olahraga yang ringan seperti yoga, pilates dan jalan santai.

2. Tidak boleh keramas

Keramas saat menstruasi banyak dikaitkan dengan penyumbatan pembuluh darah serta berbahaya bagi kesehatan.

Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa keramas selama menstruasi bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya, keramas dengan air hangat dapat melemaskan otot tubuh dan meringankan sakit kepala yang dialami saat menstruasi.

3. Larangan berenang

Banyak wanita yang sangat khawatir untuk berenang dalam kondisi menstruasi karena dugaan bahwa darah menstruasi akan mencemari kolam.

Faktanya, kamu tetap bisa berenang dengan rasa aman dan nyaman tanpa harus khawatir akan mencemari kolam. Diketahui, bahwa penggunaan pembalut biasa tidak dianjurkan karena tidak bisa menyerap darah saat terkena air. Namun, kamu tetap bisa menggunakan tampon atau menstrual cup saat akan berenang.

4. Jangan minum air dingin saat menstruasi

Mitos meminum air dingin bisa membuat darah menstruasi membeku atau siklus menstruasi menjadi tidak teratur juga seringkali terdengar di kalangan wanita. Faktanya, tidak ada kaitan antara minum air dingin dengan siklus menstruasi atau darah menstruasi.

Banyak minum air putih, baik yang dingin maupun panas, justru sangat dibutuhkan agar terhindar dari dehidrasi serta bisa meringankan sakit kepala yang umumnya muncul saat menstruasi.

5. Konsumsi minuman bersoda

Konsumsi minuman bersoda dianggap bisa membuat menstruasi menjadi lancar, padahal faktanya hal ini belum tentu benar karena belum ada penelitian yang menyatakannya. Umumnya, siklus menstruasi akan dipengaruhi oleh hormon dan juga beberapa faktor lain seperti stres psikologis, berat badan, pola makan, dan aktivitas yang berat.

6. Konsumsi mentimun

Mengonsumsi mentimun akan membuat menstruasi lebih lama merupakan sebuah mitos. Faktanya, siklus menstruasi seseorang dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron, bukan dikarenakan pengaruh makanan.

Mentimun justru mengandung banyak air yang diperlukan tubuh agar terhindar dari dehidrasi saat menstruasi.

7. Boleh minum obat

Sebagian besar orang percaya bahwa mengonsumsi obat saat menstruasi bisa membuat darah menstruasi terhenti atau bahkan mengalami kemandulan.

Faktanya, agar menstruasi kamu tepat maka meminum obat pereda nyeri diperbolehkan untuk mengurangi kram perut serta tidak akan menyebabkan menstruasi berhenti bahkan mandul.

Itu dia 7 mitos dan fakta seputar menstruasi yang perlu kamu ketahui. Jadi, bagaimana? Sekarang Sahabat Muslimah sudah tahu, kan mitos dan fakta yang sebenarnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment