Rangkaian Skincare yang Cocok Untuk Kulit Remaja dan Pemula

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat memasuki masa pubertas, berbagai perubahan mudah dialami pada tubuh remaja. Hal ini terjadi disebabkan adanya perubahan hormon yang salah satunya ditandai munculnya beberapa masalah kulit. Antara lain seperti jerawat, komedo, dan penuaan kulit.

Masalah kulit ini sudah menjadi hal yang normal terjadi ketika remaja. Akan tetapi, masalah ini tentu akan mengganggu rasa percaya diri mereka.

Oleh karenanya, masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan cara merawat kulit sedari dini. Sahabat juga perlu memakai skincare yang diformulasikan khusus remaja sesuai dengan jenis kulit.

Tak cukup sampai di situ saja, Sahabat Muslimah mesti memakai skincare secara rutin. Perjalanan untuk mendapatkan kulit sehat tidak seinstan dengan satu kali pemakaian. Produk skincare yang kamu gunakan membutuhkan waktu agar bisa bekerja atau tidak di kulitmu.

Sebagus atau semahal apapun produk perawatan yang kamu gunakan hanya sesekali saja, otomatis enggak bakal ngaruh terhadap kulit wajahmu. Jadi, supaya hasilnya maksimal kamu harus ekstra bersabar, ya.

Sebelum masuk ke dalam urutan penggunaan skincare, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui jenis kulitmu. Apakah tipenya normal, berminyak, kering, sensitif, kombinasi atau bahkan berjerawat. Memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit sangat wajib kamu lakukan. Karena hal ini akan berpengaruh pada kulitmu.

Kandungan skincare bagi remaja yang bertipe kulit normal disarankan untuk memilih produk berbahan alami yang milde seperti chamomile dan vitamin E. Sedangkan remaja dengan kulit kering sensitif, perlu menggunakan skincare yang mampu melembapkan serta menutrisi kulit dengan baik seperti aloe vera, hyaluronic acid, vitamin C dan vitamin E.

Remaja yang memiliki kulit kombinasi bisa menggunakan produk yang berbahan witch hazel dan seaweed. Kedua bahan tadi untuk meringkas pori-pori, menyeimbangkan antara air dan minyak di wajah serta sebagai antibakteri alami agar tidak muncul jerawat.

Sementara itu, teruntuk remaja yang berjenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat bisa menggunakan produk berbahan tea tree oil, sulfur, centella asiatica, dan salicylic acid. Bahan alami tadi bisa membantu mengurangi kemerahan, timbulnya jerawat bahkan mengurangi produksi sebum berlebih.

Setelah mengetahui kandungan produk yang mungkin cocok sesuai jenis kulitmu lanjut ke dalam pembahasan urutan skincare. Produk perawatan kulit yang aman bagi remaja ialah melakukan basic skincare.

Tujuan dari melakukan skincare paling dasar ini untuk memperkuat skin barrier dengan menggunakan produk yang paling dibutuhkan oleh kulit. Rangkaian perawatan sederhana ini dilakukan dengan cara cleansing, toning, moisturizing, protecting

Berikut pembahasan urutan skincare yang lebih jelasnya sudah dirangkum secara eksklusif oleh Muslimahdaily.

Cleansing

Cuci muka merupakan step pertama dalam urutan skincare routine. Setiap hari selama beraktivitas, kulitmu mudah terkena debu dan polusi. Kondisi tersebut harus kamu bersihkan dengan mencuci muka.

Terlebih lagi, bila kamu menggunakan makeup. Cuci muka saja rasanya belum cukup untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di wajah. Kamu mesti membersihkannya dengan double cleansing.

Double cleansing itu kamu membersihkan wajah dengan dua produk berbeda. Pertama, kamu bisa mengusap debu yang menempel di mukamu menggunakan micellar water. Kemudian, bilas dan cuci muka dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

Toning

Sama seperti cleansing, toning memiliki dua jenis exfoliating toner dan hydrating toner. Perbedaan kedua produk tersebut terletak pada fungsinya. Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sedangkan hydrating toner untuk memberi dan menjaga kelembapan kulit.

Moisturizing

Moisturizer (pelembab) berperan untuk mengunci kadar air dalam kulit. Kelembapan wajah yang terjaga dengan baik akan memperlihatkan muka tampak lebih sehat dan bercahaya.

Sahabat mesti pintar memilih tekstur pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Tipe kulit berminyak bisa menggunakan pelembab bertekstur gel, kulit yang terlalu kering dapat memilih pelembab yang teksturnya cream dan kulit normal ataupun kombinasi pakai yang lotion.

Protecting

Urutan produk terakhir yaitu sunscreen yang wajib banget diaplikasikan ke wajah. Fungsinya sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Pemakaian sunscreen secara rutin mampu mencegah munculnya garis halus. So, pastikan kamu memakainya setiap hari, ya.

Beberapa tadi urutan produk perawatan yang aman serta mudah bagi kamu yang berusia remaja. Jangan lupa untuk senantiasa memilih kandungan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan dipakai secara rutin, ya.

Leave a Comment