5 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, sejatinya untuk menyejahterakan hidup bukan hanya memperhatikan kesehatan fisik saja bahkan mesti seimbang dengan kesehatan mental. Yang mana kesehatan mental berperan untuk mengolah perasaan yang dihadapi di kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita semua menjaga kesehatan mental agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Caranya dapat beragam. Namun kamu enggak perlu menganggapnya berat, karena menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan kebiasaan-kebiasaan yang sederhana. Salah satunya mengubah gaya hidup yang mana hal ini mampu mencegah gejala depresi dan kecemasan.

Dikutip dari laman CNNIndonesia, Sarah Greenberg seorang psikoterapis di California menyebut, perubahan dapat menjadi suatu hal yang susah terutama bagi mereka yang mengalami gangguan depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, bersikap baik kepada diri sendiri dengan melakukan gaya hidup yang benar merupakan suatu hal terpenting.

Beberapa langkah kebiasaan berikut ini dapat kamu terapkan untuk menjaga kualitas kesehatan mental kamu. Dengan melakukan perubahan berikut, bisa dipastikan akan berpengaruh terhadap keseharianmu.

1. Berpikir positif

Sahabat Muslimah, tahu enggak, sih bahwa cara berpikir yang positif tentunya sangat berefek terhadap suasana kejiwaan kamu. Enggak hanya itu, pikiran positif juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Makanya, sejumlah orang yang optimis pada diri mereka selain moodnya bagus, mereka juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Kamu bisa memulainya dari hal terkecil. Misalnya, setiap pagi katakan pada diri sendiri bahwa hari ini akan menjadi hari yang baik. Dengan begitu, kesehatan mentalmu akan terjaga dengan baik. Think positive will lead to positive outcomes!

2. Berdamai dengan diri sendiri

Mungkin bagi sebagian orang menerima diri sendiri itu enggak semudah membalikkan telapak tangan. Memang sih, kebiasaan yang kedua ini memerlukan proses yang cukup panjang sampai seseorang benar-benar memahami dirinya. Terlebih lagi, bagi mereka yang sudah terikat dengan standarisasi kehidupan dan kecantikan pasti lebih sulit lagi.

Menerima diri sendiri atau self-acceptance merupakan suatu kemampuan diri untuk menerima diri apa adanya, termasuk kekurangan yang dimilikinya. Sebetulnya bila kita berdamai dengan diri sendiri, kita bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri bahkan mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita.

3. Mulai terbuka kepada seseorang

Belajar untuk open minded bisa membuat kamu lebih berpikir positif dan mengenal diri sendiri dari orang lain. Meminta bantuan orang lain berupa nasihat untuk tahu diri kamu yang sebenarnya menjadi hal terpenting untuk sehat secara mental, lho. Ketika kamu memercayai apa yang diucapkan orang lain, maka akan terjadi perubahan yang lebih baik pada dirimu.

4. Istirahat yang cukup

Nyatanya, tidur sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental. Waktu tidur yang cukup dapat memengaruhi kondisi emosional seseorang. Biasanya, orang yang mengalami masalah dalam kesehatan mental juga mengalami gangguan tidur.

Tidur yang berkualitas dapat menjaga kesehatan mental dan mengembalikan energi untuk siap beraktivitas keesokan hari. Setidaknya, bagi orang dewasa tidur sekitar 7-8 jam pada malam hari. Jadi, mulai kurangi aktivitas negadamg, ya Sahabat Muslimah.

5. Konsumsi makanan yang bernutrisi nan lezat dan Berolahraga

Selain memberikan nutrisi bagi tubuh, makanan yang enak juga bisa menyehatkan otak. Tubuhmu akan lebih semangat dan melakukan tindakan positif bila sahabat mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Makanan yang tinggi akan lemak omega-3 seperti ikan dan daging diduga bagus untuk menjaga kesehatan mental.

Penuhi makanan bernutrisi saja belum cukup, nih. Kamu perlu mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin. Olahraga akan meningkatkan suasana hati sebab kondisi kadar hormon endorfin mengalami peningkatan. Akhirnya, kamu bisa terhindar dari stres dan masalah kesehatan mental lainnya, deh.

Itulah 5 kebiasaan yang bisa kamu terapkan agar kesehatan mentalmu terjaga. Semoga bermanfaat.