Must Know! Ini 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Kusam

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kulit wajah yang cerah, mulus dan sehat sudah pasti menjadi impian setiap orang terutama bagi wanita. Berbagai cara pun dilakukan demi mewujudkannya. Mulai dari menggunakan produk skincare, perawatan ke dokter sampai mengonsumsi suplemen vitamin.

Sahabat Muslimah, ngerasa enggak sih, terkadang kulit enggak menampakkan perubahan setelah melakukan bermacam rupa perawatan. Nah, ternyata ada sejumlah kebiasaan yang bisa membuat wajahmu kusam. Makanya, sebagus bahkan semahal apapun produk yang digunakan kalau kamu masih sering melakukan kebiasaan buruk akan berdampak pada wajah cantik kamu, nih.

Penasaran kebiasaan apa aja sih yang dapat bikin wajah kusam. Simak ulasan informasinya yang sudah dirangkum khusus untuk Sahabat Muslimah.

1. Malas membersihkan wajah

Malas untuk mencuci muka setelah beraktivitas seharian penuh akan menyebabkan kulit kusam. Sebab, make up dan debu masih menempel di kulit sehingga akan menyumbat pori-pori dan sel kulit mati menumpuk.

Sebenarnya enggak hanya bikin wajah kusam aja, rasa malasmu ini akan membuat wajahmu dihantui oleh masalah kulit lainnya. Jadi, jangan cuma rajin beli produk perawatan muka tapi kamu juga mesti rajin untuk merawat wajahmu, ya.

2. Waktu tidur yang kurang cukup

Sahabat pernah dengar kalimat ‘apalah guna memakai skincare jikalau masih sering begadang’? ya, emang tepat banget, nih. Tidur tak hanya bagus untuk tubuh, tidur yang cukup juga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Kurangnya waktu tidur akan berimbas pada kulit wajah menjadi kusam.

Ketika tubuhmu kurang tidur, proses regenerasi kulit jadi tidak optimal. Kondisi ini terjadi karena kadar kortisol akan meningkat saat kurang tidur akhirnya memicu peradangan kulit yang bikin wajah kusam.

3. Salah menggunakan skincare

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, bisa dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan yang tepat. Kamu harus memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Bila kamu memakai produk yang salah, justru bisa menimbulkan jerawat bahkan memicu kulit jadi kusam.

4. Tubuh kurang ternutrisi

Perumpamaan ‘kamu adalah apa yang kamu makan’ tampaknya ada benarnya. Ketika tubuh tidak menerima asupan bernutrisi dengan baik, kulit wajah bisa kusam dan tidak sehat.

Penuhi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu menyehatkan kulitmu dari dalam. Hindari makanan yang berlemak jenuh seperti gorengan.

5. Tidak rutin melakukan eksfoliasi

Mencuci muka tiap hari belum cukup, lho Sahabat Muslimah. Kamu perlu mengeksfoliasi kulitmu agar sel kulit mati yang menumpuk di wajah hilang. Apabila kamu tidak pernah melakukan eksfoliasi wajah maka sel kulit mati akan semakin menggunung.

Penumpukan sel kulit mati akan mengakibatkan kulit kusam, bersisik, dan kering. Mengutip dari laman Healthline, menurut dokter kulit New York eksfoliasi kulit secara rutin adalah kunci dari kulit yang bercahaya. Eksfoliasi secara teratur dapat mencegah terjadinya masalah kulit.

Kamu bisa memilih produk eksfoliasi dengan butiran scrub yang lembut sehingga tidak merusak lapisan kulit atas. Dengan rajin melakukan eksfoliasi kulit, wajahmu akan terasa lebih halus dan segar dari sebelumnya.

Itulah lima kebiasaan yang sebenarnya enggak ribet untuk dilakukan tapi bisa berakibat munculnya masalah kulit pada wajah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment