Gatal-gatal pada Daerah Kewanitaan? Ini Cara untuk Mengatasinya!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Daerah kewanitaan kerap menjadi daerah yang sangat sensitif sehingga memerlukan kehati-hatian dalam menjaga maupun merawatnya. Pengetahuan yang tepat diperlukan agar tidak terjadi masalah pada daerah kewanitaan. Masalah yang terjadi pun relatif, dari yang ringan hingga yang cukup serius.

Salah satu masalah yang biasanya dihadapi oleh wanita adalah gatal-gatal, terdengar ringan namun ternyata kondisi ini bisa membuat kamu sangat terganggu dan tak nyaman untuk beraktivitas seharian.

Gatal-gatal pada daerah kewanitaan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari infeksi karena jamur atau bakteri hingga stres. Meskipun termasuk umum terjadi dan tak berbahaya, kondisi ini juga bisa jadi tanda dari penyakit lain yang lebih serius.

Oleh karena itu, yuk simak tips Muslimahdaily untuk mengatasi gatal pada daerah kewanitaan berikut ini.

1. Gunakan sabun pembersih organ intim dengan pH di bawah 7

Selain membersihkan daerah kewanitaan dengan basuhan air biasa, kamu bisa menggunakan sabun pembersih khusus dengan kadar pH di bawah 7. Karena daerah ini merupakan daerah yang sensitif, maka kamu perlu memperhatikan sabun pembersih yang kamu pakai dengan benar dan teliti.

Jika Sahabat Muslimah memilih sabun pembersih organ intim dengan kadar pH di atas 7, hal itu malah akan mengganggu kesehatan daerah kewanitaan kamu.

Setelah membersihkannya dengan sabun, bilas sampai bersih dan jangan lupa untuk mengeringkannya agar tidak berada dalam kondisi lembab.

2. Gunakan krim anti jamur atau suppositoria

Krim anti jamur dan suppositoria bisa efektif menghilangkan rasa gatal pada daerah kewanitaan, jika rasa gatal tersebut memang disebabkan oleh jamur. Krim anti jamur umumnya digunakan untuk pengobatan pada area luar organ intim saja.

Sedangkan suppositoria adalah cara pemberian obat melalui tabung pipa khusus yang dimasukkan ke anus, organ intim, atau uretra. Diketahui, obat jenis ini mudah meleleh dan larut dalam suhu tubuh.

3. Makanan berprobiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik bisa membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik di daerah kewanitaan, bahkan usus kamu. Pertumbuhan bakteri jahat penyebab gatal hingga penyakit lainnya, seperti demam tifoid ataupun radang tenggorokan juga bisa dilawan dan dikalahkan oleh peningkatan jumlah bakteri baik.

4. Suplemen probiotik

Selain makanan berprobiotik, suplemen yang mengandung probiotik pun bisa menjadi solusi atas rasa gatal yang kamu alami. Suplemen probiotik bisa kamu dapatkan di apotek, toko kesehatan ataupun dibeli secara online.

Sama halnya seperti makanan berprobiotik, suplemen ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik sekaligus membantu untuk mencegah perkembangan bakteri jahat, sehingga kamu terhindar dari rasa gatal pada daerah kewanitaan yang mengganggu aktivitas.

5. Hindari penggunaan produk mengandung pewangi

Daerah kewanitaan merupakan daerah yang sensitif, oleh karena itu kamu perlu menghindari penggunaan produk organ intim yang mengandung pewangi seperti tisu, pembalut, pantyliner, dan lainnya. Jika memang dibutuhkan, kamu bisa memilih jenis produk tersebut dengan anjuran dokter.

Itulah tips untuk mengatasi gatal pada daerah kewanitaan. Jika tidak berangsur membaik, sering kambuh, atau bahkan bertambah parah. Alangkah baiknya, segeralah memeriksanya ke dokter spesialis untuk memastikan gejala dan penyakitnya, ya Sahabat Muslimah.