5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak yang Terlihat Kusam

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, apakah kamu memiliki jenis kulit berminyak? Pasti kamu pernah merasa tidak percaya diri karena hal tersebut. Kulit berminyak memang cenderung memberi tampilan kilap di wajah yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sehingga membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan.

Selain tidak percaya diri, kulit berminyak juga bisa membawa masalah kulit seperti timbulnya jerawat, kusam dan lain sebagainya.

Diketahui bahwa sel-sel kulit mati pada kondisi kulit berminyak biasanya sulit rontok dan terlepas. Hal inilah yang mengakibatkan sel-sel kulit mati yang seharusnya rontok dengan sendirinya, malah menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga membuat kulit menjadi terlihat kusam.

Tapi jangan khawatir, Muslimahdaily punya 5 cara ampuh untuk kulit berminyak agar tidak terlihat kusam. Yuk, simak!

1. Memilih face wash yang tepat

Membersihkan wajah adalah rutinitas yang paling penting untuk dilakukan. Bagaimana tidak, sebelum melanjutkan tahapan skincare berikutnya, tentu kita harus mencuci wajah terlebih dahulu. Untuk Sahabat Muslimah yang memiliki masalah kulit berminyak, pastikan kamu telah memilih pembersih wajah yang lembut dan khusus untuk tipe kulit berminyak.

Memilih jenis pembersih wajah ini akan efektif untuk menjaga kulit tidak memproduksi minyak berlebih, yang nantinya menjadi penyebab timbulnya jerawat.

2. Gosok dengan irisan mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk kondisi kulit berminyak. Mentimun dipercaya sangat ampuh untuk menyegarkan wajah sehingga cocok untuk jenis kulit tersebut.

Kamu bisa menggunakan irisan mentimun dingin, lalu menggosokkannya ke seluruh permukaan wajah terlebih pada area yang berminyak. Lakukanlah ini dengan rutin setiap malam.

3. Gunakan masker putih telur dan bubuk coklat

Selain mentimun, kamu juga bisa menggunakan masker dengan perpaduan antara putih telur dan bubuk coklat karena mampu membantu mengendalikan produksi minyak di wajah.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada coklat bisa membuat jerawat malas tumbuh di area wajah. Kamu hanya perlu mengocok putih telur dan mencampurkannya dengan bubuk coklat sebanyak 2 sdm, lalu aduk hingga merata.

Oleskan ke permukaan wajah dengan merata, diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Selalu sedia face paper

Kulit berminyak terkadang bisa sangat mengganggu di waktu tertentu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan face paper yang memang dirancang khusus untuk menyerap minyak sehingga bisa menghilangkan minyak seketika tanpa membuat kulit wajah jadi kering.

Caranya, cukup menekan lembut face paper pada area wajah yang berminyak. Jangan lupa untuk selalu sedia face paper sebagai penolong dalam kondisi darurat di manapun dan kemanapun kamu pergi agar kulit wajah terhindar dari kondisi berminyak dan kusam.

5. Hindari makanan berminyak

Ternyata makanan juga memiliki pengaruh terhadap kulit, lho. Jika kondisi kulitmu berminyak, alangkah baiknya kamu mengurangi makanan berminyak seperti gorengan, gulai, junk food dan menggantinya menjadi makanan yang lebih sehat misalnya, buah dan sayur.

Rajin mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya akan membantu mengurangi kadar minyak di wajah, tapi juga membuat wajah menjadi lebih sehat, cerah dan bercahaya. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih.

Leave a Comment