4 Bahan Alami Pengganti Deodoran yang Lebih Aman dan Efektif

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, apakah kamu mengalami masalah dengan bau badan? Pasti cara yang paling sering kamu lakukan untuk mengatasinya adalah mengoleskan deodoran pada area ketiak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kandungan bahan kimia yang terdapat pada deodoran dapat membuat kulit menjadi iritasi bahkan berbahaya, jika digunakan secara berlebihan.

Sementara itu, memilih produk deodoran yang cocok untuk kulit ketiak juga bukanlah perkara mudah. Apalagi, bagi kamu yang memiliki kulit cenderung sensitif.

Oleh karena itu, kamu harus dapat meminimalisir terjadinya risiko iritasi dan bahaya penggunaan deodoran maupun mencegahnya. Nah, salah satunya caranya adalah beralih dan menggantinya dengan menggunakan bahan alami, seperti lemon, minyak kelapa dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, ini dia 4 bahan alami pengganti deodoran yang telah dirangkum Muslimahdaily sebagai berikut.

1. Lemon

Buah yang terkenal dengan rasanya yang asam dan segar ini, ternyata bisa membantu kamu untuk menghilangkan bau badan. Kandungan asam sitrat dalam cairan lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Cara penggunaanya, kamu hanya cukup mengoleskan irisan lemon setiap hari pada area ketiak.

Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu untuk tidak mengoleskan cairan lemon pada ketiak yang baru saja dicukur, karena hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan perih.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membunuh beberapa bakteri yang menimbulkan bau badan karena mengandung zat antibakteri dan zat antivirus bernama asam laurat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki aroma alami yang khas untuk menutupi bau tersebut.

Caranya mengaplikasikannya pun sangat mudah, kamu hanya tinggal mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada area ketiak. Atau juga bisa mencampurkan dua tekstur bahan berbeda, seperti minyak dan bubuk. Lalu, menambahkan bahan lainnya, seperti shea butter atau cocoa butter.

Tidak dianjurkan untuk menggunakannya minyak kelapa terlalu banyak, karena akan membuat kulit ketiak berminyak dan tidak nyaman.

3. Cuka apel

Untuk mengatasi bau badan, kamu juga dapat menggunakan cuka apel karena memiliki sifat antiseptik. Sehingga tidak hanya mengatasi bau badan, namun sekaligus membersihkan jerawat pada ketiak dengan cepat.

Saat pertama kali diaplikasikan akan tercium aroma asam yang cukup menyengat, tapi aroma ini akan memudar dengan cepat.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pengganti deodoran, celupkan kapas ke dalam cuka apel, kemudian oleskan pada area ketiak. Tunggu hingga baunya menghilang, dan kamu juga dapat mengaplikasikan kembali cuka apel, jika diperlukan.

4. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung zat antibakteri yang berperan membunuh bakteri penyebab bau badan tidak sedap. Sama halnya seperti lemon, bahan ini juga dapat menimbulkan rasa perih ketika dioleskan pada area ketiak.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa mencoba tes terlebih dahulu apakah kulitmu memiliki alergi terhadap tea tree oil atau tidak.

Caranya, cukup mengoleskan tea tree oil ke punggung tangan dan tunggu reaksinya selama 24 jam setelah mengoleskannya.

Untuk pemakaian rutin, deodoran alami dapat menghilangkan bau badan. Akan tetapi, Sahabat Muslimah jangan terlalu berharap akan hasil yang instan dan efektif layaknya deodoran yang mengandung bahan kimia pada umumnya di pasaran.

Leave a Comment