Kenali 7 Warna Lidah yang Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Selain warna kuku, kamu juga dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu melalui warna lidah, lho Sahabat Muslimah. Makanya sering kali ketika kamu check up ke rumah sakit, dokter selalu menyuruh menjulurkan lidahmu.

Lidah merupakan bagian tubuh yang berada pada rongga mulut. Meskipun tiap orang memiliki lidah yang tampak berbeda-beda. Namun normalnya, lidah yang sehat berwarna merah muda tidak mencolok dan permukaannya terdapat bintik-bintik kecil atau papilla. Bintik kecil ini berfungsi untuk mengetahui rasa dari makanan maupun minuman yang dicicipi.

Faktanya, lidah bisa berubah warna sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Nah Sahabat Muslimah, pernahkah kamu memperhatikan warna lidahmu berubah? Bagaimana cara mengetahuinya, ya?

Berikut ini 7 warna lidah yang diduga bisa menunjukkan kesehatanmu.

1. Lidah berwarna kuning

Perubahan warna lidah tampak kuning biasanya disebabkan bila seseorang perokok aktif atau pemakai tembakau kunyah. Secara perlahan, warna kuning ini dapat berubah menjadi warna cokelat atau hitam pada bagian ujung lidah. Penyakit kuning maupun psoriasis berpotensi mengalami lidah berwarna kuning.

2. Lidah berwarna merah

Lidah merah bukan berarti berwarna merah muda tua, ya. Lidah yang berwarna merah menunjukkan bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin B sehingga dapat diatasi dengan meminum suplemen. Penyakit demam berdarah dan eksim juga bisa menjadi faktor lidah memerah.

Selain itu, penyakit Kawasaki bisa menyebabkan lidah berwarna merah stroberi. Mengutip dari laman Healthline, kondisi yang disebut geographic tounge ialah adanya bercak merah dengan batas putih di sepanjang lidah. Namun, hal tersebut tidaklah berbahaya.

3. Lidah berwarna biru dan ungu

Masalah jantung dan sirkulasi darah yang tidak teratur secara keseluruhan akan membuat lidah berwarna ungu. Sedangkan lidah yang berwarna biru akibat sirkulasi darah kekurangan oksigen. Yang mana hal tersebut berkaitan adanya gangguan pada paru-paru atau penyakit ginjal.

4. Lidah berwarna putih

Tanda kamu kekurangan asupan cairan atau dehidrasi enggak hanya terlihat dari bibir pecah-pecah aja kok, kamu juga bisa menjulurkan lidahmu. Jika warna lidahmu putih artinya kamu mengalami dehidrasi, tuh. Akan tetapi, lidah berwarna putih pada bayi dikarenakan sisa-sisa susu yang menempel di atas permukaan lidah.

Kemudian, lidah yang warnanya putih dan dipenuhi bintik-bintik putih tebal bisa jadi mulutmu terinfeksi jamur. Kebanyakan infeksi jamur dialami oleh Lansia, bayi, dan orang-orang yang imun tubuhnya lemah.

5. Lidah berwarna abu-abu

Warna abu-abu pada lidah kerap kali dikaitkan dengan adanya masalah hati dan usus. Perubahan warna ini dapat disebabkan oleh tukak lambung atau eksim. Tak hanya itu, masalah pencernaan juga bisa menjadi faktor berubahnya warna lidah menjadi ungu.

6. Lidah berwarna cokelat

Warna cokelat pada lidah biasanya tidak terlalu bahaya karena disebabkan oleh apa yang dimakan dan diminum, misalnya kopi. Tapi kebiasaan merokok juga bisa menjadi faktor lidah berwarna cokelat. Terlebih lagi jika warna cokelat itu permanen, dapat dipastikan bahwa kamu mengalami kanker mulut.

7. Lidah berwarna cokelat kehitaman dan berbulu

Lidah berwarna cokelat hingga kehitaman dikarenakan tidak menjaga kebersihan mulut akhirnya bakteri menumpuk. Papilla lidah akan tumbuh memanjang tampak seperti berbulu yang bisa menjadi tempat sarangnya bakteri. Bakteri yang berkembangbiak pun akan bikin lidahmu terlihat berwarna hitam. Penderita diabetes juga bisa memungkinkan mengalami lidah berwarna gelap ini.

Itulah ulasan mengenai berubahnya warna pada lidah yang merupakan tanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Perlu kamu ingat, perubahan warna yang terjadi pada lidah bukan disebabkan oleh makanan atau minuman ya karena warna tersebut hanya bersifat sementara.

Leave a Comment