5 Tips Ampuh dan Mudah Hilangkan Bibir Hitam Secara Alami

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Bibir yang lembut dan berwarna merah muda pasti menjadi dambaan tiap orang, terkhusus bagi tiap wanita. Selain meningkatkan rasa percaya diri, bibir yang halus juga pertanda kamu memiliki bibir yang sehat.

Sebaliknya, bibir yang hitam dan pecah-pecah membuat seseorang pesimis dan malu. Terdapat beberapa faktor yang diduga menyebabkan bibir berwarna hitam. Salah satunya gaya hidup yang dapat memengaruhi kesehatan bibirmu.

Alami bibir yang hitam atau gelap bisa terjadi karena hiperpigmentasi, meningkatnya melanin secara berlebihan. Biasanya, kondisi tersebut tidak membahayakan. Kemungkinan hiperpigmentasi pada bibir sebab efek dari paparan sinar matahari secara langsung, kurangnya asupan cairan (dehidrasi), terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan lain sebagainya.

Faktor lain yang bikin bibir menggelap karena kondisi medis yaitu kekurangan vitamin C, kemoterapi serta kebanyakan menggunakan fluoride. Nah makanya, beberapa penyebab tadi masih bisa diatasi dengan memperbaiki gaya hidup kok. Misalnya, gunakan lipbalm ber-spf, kurangi asupan kafein, dan mengganti merek pasta gigi.

Sahabat Muslimah perlu tahu, nih bahwasannya bibir tiga kali lebih sensitif dibandingkan bagian kulit. Oleh karena itu, kamu perlu memberikan perhatian dan perawatan yang intensif pada bagian tubuh yang satu ini. Langkah yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat bibirmu.

Penasaran apa saja cara menghilangkan bibir hitam secara alami? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Scrub bibir menggunakan madu dan gula pasir

Beri perhatian khusus pada bibir dengan madu dan gula pasir merupakan cara alami yang mudah nan murah sahabat. Scrub alami ini sangat lembut sehingga akan memberikan hasil bibir yang halus juga.

Gula yang menjadi scrub alami berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut. Kamu bisa menggunakan gula pasir ataupun gula merah. Namun, kebanyakan orang menggunakan gula pasir sebab terbukti sangat efektif mengangkat sel kulit mati.

2. Oleskan madu

Udah enggak perlu diraguin lagi, sih. Dikatakan dalam hadis Rasulullah, madu memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh sekaligus kecantikan wajah. Oleskan sedikit madu pada bibir kering, bibir pun akan terlihat lebih lembut. Perubahan tersebut dikarenakan madu mampu memperbaiki tekstur bibir yang sebelumnya pecah-pecah jadi halus.

Madu memiliki enzim yang diduga dapat mencerahkan kulit bibir loh. Tak hanya itu, kandungan antibakteri dalam madu berperan untuk menyembuhkan kulit bibir yang pecah-pecah.

3. Kombinasikan jeruk lemon dan minyak almond

Lemon merupakan sumber antioksidan yang efektif bisa mencerahkan kulit. perpaduan antara jeruk lemon dan minyak almond dapat memperbaiki bibirmu yang pecah-pecah akibat paparan sinar UV secara langsung, bahkan bisa sekaligus mencerahkan.

Minyak almond berguna untuk melembabkan kulit bibirmu. Minyak almond yang berasa manis juga akan membantu meratakan kulit bibirmu sahabat.

4. Campuran antara susu dan biji buah delima mungkin bisa menjadi solusi

Buah delima sangat direkomendasikan untuk mencerahkan bibir. Kandungan senyawa yang ada dalam delima disebut punicalagin dapat mencegah produksi melanin dan mengatasi bibir gelap akibat sinar matahari.

Campuran luar biasa dari susu dan delima dapat kamu gunakan setiap hari selama satu bulan penuh. Dengan begitu, kamu bisa terheran-heran akan hasilnya yang super fantastis.

5. Beri gel lidah buaya pada bibir

Sebagian penelitian menyebut bahwa senyawa dalam lidah buaya ampuh menghambat perkembangan melanin. Oleskan gel lidah buaya pada bibirmu yang gelap secara tipis-tipis. Bila sudah kering, bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Itu dia step by step yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan bibir. Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan di pasar tradisional loh sahabat. Selamat mencoba, ya!

Leave a Comment