7 Cara Efektif untuk Mengatasi Kulit Siku Kering dan Hitam

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, kalian tahu tidak bagian tubuh mana yang sering terlupakan untuk dirawat? Jawabannya, siku. Yap, semua orang pasti terbiasa untuk melakukan perawatan tubuh namun melewatkan perawatan pada bagian tersebut. Diketahui, siku merupakan extensor surface yang selalu meregang saat kamu menekuk persendian. Area kulit siku tersebut memiliki tekstur yang berbeda.

Seperti bagian kulit lainnya, kulit siku yang tak terawat akan menjadi kering. Namun terdapat berbagai hal lainnya yang bisa menyebabkan siku kering. Di antaranya adalah suhu yang kering dan dingin, kaporit dalam air, atau iritasi dari bahan sabun, parfum, dan bahkan lotion yang tidak cocok. Pada beberapa orang, kulit siku kering juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti eksim atau psoriasis.

Nah, lantas bagaimana cara mengatasi kulit siku kering? Yuk, simak 7 cara untuk mengatasi kulit siku kering yang telah dirangkum Muslimahdaily berikut ini.

1. Jangan menggaruk atau mencabut kulit kering

Jika Sahabat Muslimah termasuk orang yang hobi mengelupas kulit kering, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Hal itu dapat membuat kondisi kulit semakin parah. Kamu harus memperhatikan alasan di balik kulit siku yang kering.

Aktivitas seperti bekerja di sebuah meja setiap hari juga menyebabkan gesekan di area siku yang dapat mengiritasi kulit. Sehingga kamu harus membiasakan memakai lotion sebelum bekerja.

2. Perbaiki kebiasaan mandi

Ternyata kebiasaan mandi juga dapat menjadi penyebab kulit siku kering. Salah satunya adalah durasi mandi yang terlalu lama. Oleh karena itu, mulailah perbaiki waktu mandi kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menurunkan suhu air yang digunakan untuk mandi. Air mandi yang terlalu panas dapat mengurangi kelembaban kulit. So, jangan gunakan air yang terlalu panas untuk mandi, ya!

3. Pilih bahan pakaian yang tepat

Beberapa bahan pakaian dapat menyebabkan iritasi sehingga mengakibatkan kulit kering. Untuk meminimalisirnya, kamu harus perhatikan bahan pakaian yang kamu gunakan. Lalu, pilihlah bahan pakaian yang tepat karena kulit siku dapat menjadi lebih kering atau mengalami pengelupasan setelah terpapar kain jenis tertentu, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

4. Gunakan lotion dengan bahan tertentu

Setelah mandi dan setiap terpapar pada perubahan suhu yang cukup drastis (dari hawa panas ke ruangan ber-AC), Sahabat Muslimah jangan lupa untuk mengoleskan lotion pada kulit. Saat membeli lotion, pastikan kamu telah memilih produk yang mengandung bahan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, petroleum jelly, cocoa butter, shea butter.

5. Pilih perawatan kulit yang cocok

Jika kulit kering kamu merupakan akibat dari kondisi medis tertentu seperti eksim atau psoriasis, kamu mungkin akan membutuhkan produk yang diformulasi khusus bagi kondisi kulitmu tersebut. Dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter kulit mengenai produk perawatan kulit yang sesuai dengan keadaan kulitmu.

6. Lindungi sikut dari perubahan lingkungan

Perlu diketahui bahwa kebutuhan kulit kamu juga akan berubah seiring dengan perubahan cuaca. Contohnya, terpapar matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit menjadi kering, terutama pada bagian siku.

Jika kamu akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, pastikan terlebih dahulu kamu telah memakai tabir surya bebas pengharum (fragrance-free) dan menggunakan pakaian yang tertutup. Untuk proteksi yang optimal, pakai kembali tabir surya Anda setiap dua jam sekali.

7. Konsultasi ke dokter atau spesialis kulit

Sahabat Muslimah, bila kondisi siku kering kamu tidak membaik, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau spesialis kulit. Kamu mungkin bisa mengalami alergi yang tidak terdeteksi atau kondisi medis lainnya.

Selain itu, jika kamu mengalami gejala yang bertambah buruk seperti kemerahan atau bahkan berdarah pada kulit siku, kamu harus segera mencari pertolongan medis.

Leave a Comment