Mesti Hati-hati! Ini 7 Tips Merawat Kulit Sensitif

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, kulit yang sensitif biasanya membutuhkan perawatan yang berbeda dibandingkan jenis kulit pada umumnya. Kulit sensitif dapat ditandai dengan gejala kemerahan, mudah berjerawat bahkan gatal yang disebabkan oleh faktor genetik, iritasi atau penggunaan produk yang tak sesuai.

Merawat kulit sensitif dapat dikatakan sangat perlu kehati-hatian. Jika kulit berinteraksi dengan kandungan yang terlalu 'keras' atau bersifat berpotensi menimbulkan iritasi dan alergi, kulit akan langsung memunculkan reaksi seperti kemerahan atau rasa gatal. Tentunya, ini sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya dirimu.

Jadi, bagaimana ya cara merawat kulit sensitif? Simak tips Muslimahdaily yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Pilih produk dengan bahan alami

Jika kamu telah menyadari bahwa kulitmu sensitif, sebaiknya kamu harus mulai memperhatikan kandungan bahan yang terdapat dalam produk perawatanmu. Usahakan untuk memilih produk dengan bahan-bahan yang kaya antioksidan sehingga dapat menghidrasi sekaligus memperbaiki kulit.

Sahabat Muslimah, dapat memilih kandungan berbahan dasar alami yang kaya akan nutrisi seperti aloe, chamomile, minyak argan, dan sebagainya. Diketahui, kandungan tersebut membantu menenangkan sekaligus melembabkan kulit.

2. Tes semua produk baru

Sebelum menggunakan suatu produk untuk perawatan keseharianmu. Cobalah dengan mengujinya terlebih dahulu, hal ini sangat penting bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu reaksi yang akan kulitmu berikan ketika berinteraksi dengan produk yang akan kamu gunakan.

Bahkan jika kamu pernah menggunakan bahan aktif tertentu sebelumnya, formula dari produk baru yang akan kamu gunakan mungkin bisa berbeda.

Kamu dapat menguji produk kecantikan yang akan digunakan pada bagian dalam lenganmu. Ujicoba dapat dilakukan selama 3-5 hari untuk melihat reaksi kulitmu.

3. Gunakan toner yang sesuai

Produk perawatan kulit yang dapat kamu gunakan untuk meredakan iritasi dan memberikan efek menenangkan adalah toner. Produk ini sangat wajib untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Sementara itu, manfaat toner yang lainnya adalah mampu memberikan dorongan hidrasi yang baik pada kulit, sehingga kulitmu terhindar dari kekeringan atau dehidrasi.

4. Gunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV) mampu membuat kulit sensitifmu menjadi meradang dan muncul gejala bintik-bintik kemerahan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kulitmu sudah mengoleskan tabir surya terlebih dahulu setelah mandi pagi. Pilih produk sunscreen dengan bahan alami dan SPF minimal 15 agar kulitmu terhindar dari dampak buruk sinar matahari.

5. Jaga kulit tetap terhidrasi

Kulit sensitif akan mudah kehilangan kelembabannya, pastikan kamu selalu mengisi kembali kelembaban kulit sensitifmu. Mulai dari menggunakan hydrating cream yang kaya akan kandungan ceramides (peptide complex) dan niacinamide.

Selain itu, jangan lewatkan untuk melembabkan kulit dua kali sehari dan menggunakan hydrating mask sekali setiap minggunya, ya Sahabat Muslimah!

6. Kurangi penggunaan makeup

Kamu mungkin merasa senang dengan adanya produk riasan yang membuat wajah semakin cantik. Namun, penggunaan produk riasan wajah yang berlebihan pada kulit sensitif, hanya akan membuat kulit menjadi mudah terkena infeksi.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi penggunaan riasan wajah atau makeup tersebut. Sebagai gantinya, kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat atau ramuan alami agar kecantikan alamimu semakin terpancar.

7. Hindari penggunaan produk dengan bahan yang keras

Terakhir dan tak boleh dilupakan, kamu harus berusaha untuk menghindari produk yang dapat membuat kulitmu menjadi mudah iritasi, contohnya adalah produk dengan kandungan alkohol, zat pewangi, citrus, glycolic acid atau L-ascorbic Acid.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menghindari produk yang bertekstur kasar serta pembersih kuas dengan bahan aktif yang dapat menimbulkan reaksi pada kulit sensitif.

Jika kulit sensitif kamu masih belum membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahlinya, ya Sahabat Muslimah!