7 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Bahan Kimia

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, sakit kepala dapat muncul kapan pun dan dimana pun. Selain itu, rasa nyeri yang ditimbulkan saat sakit kepala juga bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Apalagi, bila sakit kepala dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Penyebab dari gangguan tersebut adalah dehidrasi, kelelahan, stres, cedera kepala, dan lain-lain.

Diketahui, ada berbagai cara untuk mengatasi sakit kepala. Salah satunya, dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala. Sayangnya, obat tersebut biasanya kerap membuat seseorang merasa kantuk. Terlebih penggunaan bahan kimia tidak dianjurkan secara terus-menerus.

Oleh karena itu, daripada kamu mengandalkan obat sakit kepala terus-menerus bahkan tanpa pengawasan dokter. Lebih baik, simak 7 cara untuk mengatasi sakit kepala tanpa bahan kimia yang dirangkum Muslimahdaily sebagai berikut.

1. Tidur yang cukup

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab rasa sakit kepala bisa muncul. Dengan demikian, kamu harus mengontrol waktu tidur dengan baik. Diketahui, lama waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 6-8 jam dalam sehari.

Jadi, Sahabat Muslimah bisa mencukupi waktu tidur harian, untuk mengatasi sakit kepala yang timbul karena kurang istirahat.

2. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala. Hal tersebut dikarenakan salah satu faktor sakit kepala adalah dehidrasi, sehingga penting bagi kamu untuk memenuhi cairan tubuh. Selain itu, dehidrasi yang kronis dapat menjadikan sakit kepala biasa menjadi migrain, lho.

Air putih terbukti dapat meringankan gejala sakit kepala pada seseorang yang mengalaminya dikarenakan dehidrasi. Hal itu dapat teratasi dalam kurun waktu 30 menit hingga tiga jam.

3. Kompres kepala

Cara mengatasi sakit kepala yang sering kali digunakan oleh orang tua zaman dahulu adalah dengan mengaplikasikan kompres dingin. Kompres ini dipercaya ampuh untuk mengurangi ketidaknyamanan pada kepala.

Saat kompresan ditempelkan ke area leher dan kepala, ini bisa mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan mempersempit pembuluh darah. Alhasil, rasa nyeri pun akan berkurang.

4. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala. Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk mengontrol gula darah dan transmisi saraf.

Bila kamu kekurangan magnesium, maka hal tersebut dapat menyebabkan migrain. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti pisang, coklat, dan alpukat untuk mengatasi sakit kepala secara alami.

Hindari mengonsumsi suplemen magnesium, karena asupan magnesium dalam dosis tinggi justru menyebabkan diare.

5. Minum teh jahe

Ternyata jahe merupakan salah satu jenis rempah yang dapat mengatasi sakit kepala. Dampak yang diberikan oleh teh rempah ini sama seperti obat yang mengandung ketoprofen dalam mengatasi sakit kepala.

Cara membuatnya pun sangat mudah, siapkan jahe dan geprek beberapa ruas jahe tersebut. Kemudian, rebus dengan air secukupnya. Didihkan dulu hingga air sedikit berkurang, lalu tuang ke dalam cangkir.

6. Hirup aroma minyak esensial

Untuk meredakan rasa sakit kepala, kamu dapat memanfaatkan minyak-minyakan seperti minyak atsiri. Diketahui, minyak atsiri merupakan cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman.

Selain itu, minyak ini memiliki manfaat terapeutik (bisa memberikan efek terapi alami untuk berbagai gangguan kesehatan). Minyak esensial dengan aroma peppermint dan lavender juga akan sangat membantu ketika sakit kepala datang.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan beberapa tetes minyak tersebut ke alat diffuser. Namun, kamu juga bisa mengoleskannya langsung ke pelipis kepala, atau campurkan dulu minyak tersebut dengan virgin coconut oil agar ramah di kulit.

7. Lakukan gerakan relaksasi

Selain menghirup aroma minyak esensial, kamu dapat melakukan gerakan relaksasi untuk meredakan sakit pada kepala. Mulailah dengan melakukan gerakan peregangan, yoga, meditasi, atau relaksasi otot progresif yang dapat membantu tubuh untuk mengatasi rasa sakit yang muncul. Hal ini akan membuat kamu lebih rileks, sehingga ketegangan di kepala berangsur membaik.

Semoga bermanfaat, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment