Wajib jadi Pilihan, Ini Rekomendasi 5 Brand Makeup Berlabel Cruelty-Free

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Produk dengan label cruelty-free atau animal free merupakan produk yang bahan pembuatan dan proses pengujiannya tidak membahayakan hewan. Meski begitu, hal ini bukan berarti produk tersebut terbuat dari bahan dasar vegan sepenuhnya.

Produk cruelty-free bisa juga menjadi produk vegan atau mengandung produk hewani, seperti madu, beeswax, lanolin, kolagen, albumin, pewarna karmin, kolesterol, atau gelatin.

Jika Sahabat Muslimah ingin memastikan bahwa sebuah produk tidak membahayakan hewan dalam uji coba, sebaiknya kamu mencari daftar produk yang telah diakreditasi oleh organisasi pemerhati hak hewan. Namun, kamu juga bisa menggunakan produk atau brand yang memang sudah terpercaya sebelumnya.

Nah, kalau kamu sedang mencari brand makeup cruelty-free, atau tidak melakukan animal testing, beberapa produk rangkuman Muslimahdaily di bawah ini bisa kamu coba. Selain itu, produk ini juga berlabel halal, lho. Yuk simak!

1. Wardah

Sahabat Muslimah, pasti sudah tidak asing lagi dengan produk kecantikan lokal yang satu ini. Yap, apalagi kalau bukan Wardah. Brand yang satu ini juga kerap menjadi salah satu makeup lokal terfavorit, nih. Selain itu, brand Wardah merupakan salah satu pelopor kosmetik halal di Indonesia.

Wardah juga telah menggandeng sertifikat resmi dari MUI. Jadi, sangat aman dipakai untuk para Muslimah. Banyak sekali make up series Wardah yang bisa kamu gunakan, mulai dari lightening series, exclusive series, dan colorfit series.

Soal harga, jangan khawatir! Karena rangkaian produk Wardah memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus.

2. The Body Shop

Sebelumnya, The Body Shop memang pernah mengkampanyekan industri kecantikan yang bebas pengujian terhadap hewan di Inggris. Bahkan, pada tahun 2018 produk kecantikan ini berhasil membawa kampanye tersebut menjadi skala global.

Meski produknya tidak memiliki unsur hewani sama sekali, produk ini juga tetap memiliki kualitas yang juara dan wangi. Tak heran, kalau The Body Shop jadi favorit banyak orang, khususnya kalangan muda hingga dewasa.

3. Catrice

Produk kecantikan asal Jerman ini, mudah di temukan di mana saja. Produk Catrice ternyata juga termasuk dalam salah satu brand kecantikan yang tidak melakukan uji coba pada hewan dalam proses pembuatannya.

Nah, yang paling penting kamu bisa mendapatkan kualitas yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau. Pokoknya jangan sampai kamu, tidak punya produk kecantikan ini, deh!

4. E.L.F Cosmetic

ELF dikenal sebagai produk yang tidak hanya mengandalkan label animal cruelty free, tapi produk ELF juga 100% vegan, lho. Jadi, kalau kamu punya kulit yang sensitif terhadap beberapa kandungan bahan kimia dalam makeup, ELF bisa jadi pilihan Sahabat Muslimah karena menggunakan bahan vegan sepenuhnya.

Menariknya lagi, harganya terjangkau dan mudah di temukan di beberapa drugstore Indonesia.

5. Mineral Botanica

Nama dari brand kecantikan “Botanica” tidak hanya sekadar hiasan, lho. Ternyata nama produk ini juga merepresentasikan bahwa seluruh produk Mineral Botanica terbuat dari bahan alami yang natural.

Diketahui, Mineral Botanica telah terdaftar sebagai produk halal oleh MUI tahun 2016 lalu. Tak hanya itu, produk ini aman karena animal-cruelty free, paraben free dan tidak mengandung zat berbahaya seperti hydroquinone, beta arbutin, juga mercury.

Dari kelima produk di atas, kira-kira produk kecantikan mana nih yang cocok dan menjadi favorit kamu? Atau jangan-jangan kamu sudah punya koleksi semuanya, ya Sahabat Muslimah.