Penting! Wajib Perhatikan Hal Ini Sebelum Vaksinasi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sejak Januari 2021 lalu vaksinasi Covid-19 gencar disosialisasikan di Indonesia. Sambil menunggu giliran untuk divaksin, sebaiknya perhatikan hal yang perlu Anda persiapkan sebelum vaksinasi.

Melansir dari Eatthis.com, Dr. Andrew Myers memberikan rekomendasi hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menerima vaksinasi Covid-19. Menurutnya imun tubuh penerima vaksin harus kuat.

Imunitas tubuh harus kuat

“Hubungan antara vaksin dan respons imun ini adalah rekomendasi pertama saya karena semua manfaat dari vaksin apa pun memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat,” katanya.

Pada kenyataannya, semakin kuat sistem kekebalan seseorang, semakin responsif tubuh mereka terhadap vaksin. Jadi, pastikan sistem imun Anda sesehat mungkin sebelum menerima vaksin.  

Untuk mencapai imun yang kuat Anda perlu menambahkan nutrisi tambahan dan makan-makanan yang sehat.

Pastikan nutrisi terpenuhi

Nutrisi tambahan adalah cara paling tepat untuk memengaruhi kesehatan dan fungsi kekebalan tubuh Anda dalam waktu yang cepat. Adapun nutrisi yang penting untuk dikonsumsi yaitu Vitamin K2, Vitamin D3, Vitamin C, Zinc, dan Omega-3.

Sumber utama vitamin K2 didapat dari makanan fermentasi dan produk hewani seperti ayam, kuning telur, keju, dan mentega. Kemudian Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, dan jambu biji. Lalu Omega-3 dapat dikonsumsi melalui ikan salmon, kacang-kacangan, ikan kembung, dan ikan tinggiri.

Nutrisi tersebut tidak hanya dikonsumsi sebelum vaksin, setelah vaksin Anda tetap harus mengonsumsinya.

Kemudian langkah tepat agar imunitas tubuh tetap stabil menjelang vaksinasi Covid-19 dengan cara minum air mineral minimal 8 gelas per hari. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Air mineral dapat membantu tubuh mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin.

Hindari obat - obatan sebelum vaksin

Persiapan selanjutnya yaitu Anda juga perlu menghindari obat-obatan sebelum melakukan vaksinasi. Bagi Anda yang harus konsumsi jenis obat seperti aspirin, ibuprofen, dan antihistamin, sebaiknya hentikan terlebih dahulu.

Melansir Eatthis.com, tujuan tidak dibolehkannya mengonsumsi obat tersebut agar tidak ada efek samping berlebih setelah menerima vaksinasi. Selain itu dapat menumpulkan respons tubuh Anda terhadap vaksin.

Namun, jika keadaan darurat dan Anda tetap harus mengonsumsi obat tersebut, Anda dapat konsultasi dengan dokter terkait. Setelah vaksinasi obat-obat tersebut dapat dikonsumsi untuk mengurangi efek samping vaksinasi seperti nyeri pada badan.

Kemudian sebelum suntik vaksin, Anda perlu menghindari konsumsi minuman yang megandung alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat menurunkan imunitas tubuh. Jika Anda dalam waktu dekat sudah mendapat jadwal untuk vaksin sebaiknya jangan konsumsi alkohol setidaknya 2x24 jam sebelum hari H vaksinasi hingga dua minggu setelah menerima vaksin Covid-19.

Last modified on Jumat, 02 Juli 2021 12:59