Wajib Konsumsi 5 ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjaga imunitas tubuh sangat penting di tengah mewabahnya virus Covid-19. Untuk menghindari virus tersebut, kita perlu menjaga imun agar tubuh tetap kuat. Imun tubuh yang lemah berpotensi untuk menjadi lebih mudah sakit. Sahabat Muslimah, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun melalui asupan makanan. Berikut 5 makanan yang dapat Sahabat konsumsi:

1. Jeruk

Seperti kita ketahui buah jeruk kaya akan vitamin C. Kebutuhan vitamin C harian pada pria dewasa yakni 90 mg, sedangkan wanita dewasa 75 mg. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang terdapat 70 mg vitamin C atau setara dengan sekitar 78 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Vitamin C yang ada di dalam jeruk cocok untuk Sahabat Muslimah konsumsi karena dapat membangun sistem kekebalan tubuh. Melansir Health Line vitamin C juga dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

2. Jahe

Salah satu cara ampuh meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi jahe. Melansir Halodoc jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Sahabat Muslimah dapat mengolah jahe tersebut menjadi minuman jahe dengan cara direbus atau dicampur ke dalam teh dan madu.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung vitamin C, float, serta glukosinolat yang dipercaya bisa mencegah berbagai macam penyakit. Brokoli dapat meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki kandungan vitamin C sekitar 89 mg/100g. Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin Sahabat Muslimah akan memiliki pertahanan kekuatan bagi tubuh. Brokoli juga mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh karena menjaga penceraan tetap teratur dan menurunkan risiko kanker usus besar.

4. Yogurt

Yogurt merupakan produk fermentasi yang mengandung banyak nutrisi salah satunya probiotik. Manfaat probiotik terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa probiotik juga dapat mengurangi pilek yang membandal. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yogurt juga dapat menjaga kekuatan tulang karena kandungan protein dan Vitamin D.

5. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mudah ditemukan. Sayur bayam mengandung antioksidan dan beta karoten yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Sahabat Muslimah dapat mengonsumsi bayam dengan cara disayur, dimakan mentah, atau dijadikan smoothies. Tak hanya bagus untuk orang dewasa, bayam juga dapat dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, ibu hamil, dan lansia.