Retinol: Bahan Aktif Skin Care Vitamin A, Ampuh Usir Jerawat dan Muka Glowing!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily -  Inovasi dalam dunia kecantikan terus berkembang setiap harinya beragam produk hadir untuk memenuhi kebutuhan kaum hawa, salah satunya adalah retinol yang banyak digunakan dalam produk skin care karena bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan mengobati jerawat, meski begitu ada efek samping yang perlu dipertimbangkan. Cek ulasannya di bawah ini, yuk.

Cara Kerja Retinol

Retinol mempunyai kandungan yang berbeda dengan produk anti penuaan dan jerawat lainnya. Cara kerja retinol saat berada di lapisan tengah kulit membantu menetralisir radikal bebas untuk meningkatkan produksi elastin dan kolagen.

Efek yang ditimbulkan yaitu dapat mengencangkan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori yang membesar. Pada saat yang bersamaan, retinol juga memiliki efek pengelupasan pada permukaan kulit yang selanjutnya dapat meningkatkan tekstur dan warna kulit menjadi lebih halus dan cerah.

Bagi Sahabat Muslimah, yang sedang bingung untuk mengobati jerawat parah, retinol dapat membantu menjaga pori-pori agar tidak tersumbat dengan menciptakan agen komedolitik yang membantu mencegah pembentukan komedo atau noda. Untuk penanganan jerawat yang parah, dokter kulit biasanya meresepkan antibiotik dalam perawatan retinol yang memakan waktu hingga enam minggu untuk melihat peningkatan pada jerawat di wajah.

Tidak berhenti di situ, retinol juga telah terbukti dapat menyeimbangkan tingkat hidrasi kulit. Efek pengelupasan ringan membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan hilangnya kelembaban. Retinol juga ampuh untuk mengendalikan produksi sebum berlebih di pori-pori wajah.

Penggunaan Retinol

Retinol aman digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti:

Jerawat

Garis-garis halus

Kerutan

Bintik-bintik penuaan (matahari), bintik-bintik, dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya, kadang-kadang disebut photoaging tekstur kulit tidak merata 

Pori-pori besar yang disebabkan oleh jerawat, kulit berminyak, atau hilangnya kolagen

Untuk mencapai hasil yang optimal, Sahabat harus menggunakannya setiap hari. Niscaya, akan terjadi, peningkatan sedikitnya tiga bulan setelah pemakaian produk.

Efek Samping

Meskipun retinoid, termasuk retinol yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), namun juga memiliki efek samping dalam penggunaannya. Kulit kering dan iritasi menjadi keluhan yang dialami oleh pengguna retinol, terutama setelah menggunakan produk retinol baru.

Efek samping lainnya yaitu termasuk kemerahan, gatal, dan kulit mengelupas. Tenang, efek samping ini bersifat sementara, sebab butuh penyesuaian dengan produk retinol tersebut. Namun, jika terus mengalami iritasi kulit, bisa menggantinya dengan mencari produk alternatif lainnya.

Hindari penggunaan retinol saat tengah terkena paparan sinar matahari, sebab dapat memunculkan bintik-bintik penuaan dan kerutan akan mudah muncul. Untuk mengurangi risiko tersebut, kenakan tabir surya setiap hari dan hindari paparan sinar matahari secara langsung terutama antara pukul 10 pagi dan 2 siang.

Oh iya, retinol sangat tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, sebab dapat meningkatkan risiko cacat lahir dan keguguran. Risiko menjadi semakin tambah besar, jika ibu hamil menggunakannya secara berlebihan dan untuk waktu yang lama. Sebab itu, ibu hamil disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit lain untuk menggantikan retinol.

Setelah, mengenal penggunaan retinol lebih dekat, Sahabat juga harus memperhatikan penggunaan retinol, terutama banyak para ahli yang menganjurkan penggunaan produk retinol lebih tepat pada saat malam hari.