Cara Mudah dan Alami Untuk Cegah Penuan Dini yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjadi tua itu pasti. Proses penuaan bisa terjadi lebih awal pada saat usia masih di bawah 30 tahun. Hal itu dikenal dengan istilah penuaan dini. 

Ciri-ciri penuaan dini yang sering kita lihat adalah kulit kendur, garis halus hingga muncul kerutan pada usia dewasa. Agar penuaan dini tidak terjadi pada kita, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Salah satu caranya adalah menggunakan bahan alami dari sayuran dan buah sebagai masker. Tak hanya itu, Sahabat juga bisa mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah penuaan dini.

Berikut beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa Sahabat lakukan dengan bahan alami di rumah:

Tomat

Cara mencegah penuaan dini secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan tomat. Permasalahan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan dapat dikurangi dengan masker tomat.

Tomat memiliki kandungan yang kaya akan beta-karoten dan likopen. Dua kandungan tersebut bisa mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berbahaya.  Selain mudah ditemukan di pasar, tomat juga memiliki harga terjangkau.

Cara mencegah penuaan dini dengan tomat cukup mudah. Sahabat bisa menggunakan masker tomat dengan cara potong satu buah tomat menjadi dua bagian. Lalu gosokkan pada dahi selama satu menit. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

Alpukat

Selanjutnya, buah alpukat. Cara mencegah penuaan dini dengan alpukat adalah mengolah buah tersebut menjadi masker.

Di dalam alpukat terkandung antioksidan seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang dapat membantu mencegah radikal bebas yang merusak kulit. Selain itu, kandungan dalam alpukat juga bisa membantu meningkatkan kadar air dan menjaga elastisitas kulit agar tidak mudah mengalami penuaan dini. 

Cara membuat masker alami dari alpukat adalah dengan menghaluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk. Lalu tambahkan 1 sendok oats ke dalam mangkuk tersebut. Selanjutnya oleskan masker ke seluruh wajah, diamkan 15 hingga 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat dan keringkan.

Air Beras

Air beras dapat digunakan sebagai masker untuk membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Air beras mengandung asam linoleat dan squalene, yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit.Kandungan Squalene membantu melindungi kulit rusak akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain itu Squalene dalat meredakan kemerahan pada kulit wajah. 

Cara membuat masker air beras untuk penuaan dini cukup mudah. Sahabat cukup mengambil secangkir air beras, lalu rendam tisu atau kapas selama 10 menit. Selanjutnya tempelkan tisu atau kapas tersebut pada wajah selama 15-30 menit.

Wortel

Bahan alami untuk menunda penuaan dini selanjutnya adalah wortel.Selain dikenal sebagai makanan untuk kelinci, wortel juga dapat dijadikan masker alami untuk mengencangkan kulit wajah.

Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium.  Vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangani radikal bebas.  Maka dari itu Vitamin A pada wortel dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi, keriput, dan warna kulit yang tidak merata.

Cara membuat masker wortel untuk mencegah penuaan dini cukup mudah. Sahabat bisa haluskan 1/2 atau 1 buah wortel. Lalu campurkan 1 sendok teh air mawar, aduk rata hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan campuran air mawar dan wortel tersebut pada wajah dan leher secara merata. Biarkan masker menyerap tunggu selama 20 menit. Terakhir, bilas masker dan keringkan.

Konsumsi ikan berlemak

Ikan dengan kandungan lemak omega-3 dapat mencegah penuaan dini. Seperti salmon, ikan ini mempunyai kandungan antioksidan karotenoid bernama astaxanthin yang dapat membantu mengurangi dampak kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food menunjukan bahwa orang yang mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari kemudian diberi kombinasi astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu, ternyata menghasilkan peningkatan signifikan dalam segi elastisitas dan hidrasi kulitnya. Yuk konsumsi ikan yang mengandung omega-3!