Memasuki Musim Hujan, Waspadai Penyakit-Penyakit Ini!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Musim hujan mungkin tampak membawa keberkahan setelah musim panas yang terik. Memasuki musim penghujan seperti saat ini kita harus tetap waspada terhadap penyakit yang mungkin terjadi. Iklim yang lembab, hujan yang lebat dan lingkungan berangin dapat menyebarkan banyak penyakit menular.

Tindakan pencegahan selalu menjadi pilihan yang terbaik daripada mengobati. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenjs penyakit apa saja yang muncul saat musim hujan.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut lima penyakit yang muncul selama musim hujan:

1.Penyakit yang ditularkan nyamuk

Ada begitu banyak penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang mungkin terjadi selama musim hujan. Contohnya yakni demam berdarah, chikungunya, malaria, dll. 

Demam berdarah disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Sedangkan chikunguya disebabkan oleh nyamuk yang lahir di genangan air seperti di tangki, tanaman, dan pipa air. Penyakit ini disebabkan oleh harimau Aedes Albopictus. Lalu, malaria disebarkan oleh nyamuk Anopheles.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, kita sebisa mungkin harus menjauhi tempat yang menjadi sarang nyamuk serta menjaga kebersihan rumah.

2.Pilek dan Flu

Pilek dan flu biasa juga terjadi di musim hujan. Selama musim hujan, sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga menjadi rentan terhadap batuk, pilek, dan flu.

Flu disebabkan oleh virus influenza, yang juga menyebar melalui droplet seperti halnya virus corona. Jika kamu mengalami sakit tenggorokan, pilek, dan demam, lakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

3.Kolera

Kolera adalah salah satu penyakit yang ditularkan melalui air yang paling umum terjadi selama musim hujan. Cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan dan air yang terkontaminasi dengan selalu minum air yang disaring atau dimurnikan.

Kolera harus ditangani segera karena dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam. Beberapa gejala kolera antara lain tekanan darah rendah, kram otot, detak jantung cepat, selaput lendir kering.

4.Tifus

Tifus juga merupakan salah satu penyakit yang terjadi selama musim hujan. Tifus umumnya disebabkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi. Gejala tifus berupa demam tinggi berkepanjangan, sakit perut, sembelit, sakit kepala, dan muntah.