Viral di Tiktok, Benarkah Keramas Menggunakan Kopi Baik Untuk Rambut?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Merawat kesehatan rambut merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia, terutama pada kalangan wanita yang lebih sering memperhatikan kondisi rambutnya. Dalam perawatan rambut, keramas merupakan salah satu aktivitas yang paling mudah dan paling sering dilakukan dalam rutinitas sehari-hari.

Baru-baru ini di media sosial TikTok sedang ramai memperbincangkan aktivitas cuci rambut dengan menggunakan campuran kopi bubuk. Banyak orang pun akhirnya mencoba tren ini karena mereka melihat ulasan yang beredar jika kopi memang dapat membantu pertumbuhan rambut serta mengurangi kerontokan rambut. Kandungan kafein dalam kopi yang memiliki anti-oksidan tinggi memang memiliki banyak manfaat.

Namun apakah benar keramas menggunakan kopi baik untuk Kesehatan rambut? Sebaiknya sebelum mencoba ikutan tren seperti itu yuk kita cari tahu lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan kopi bagi rambut.

1.Kelebihan keramas menggunakan campuran kopi

Masalah rambut yang sering dihadapi yaitu kerontokan. Seiring dengan bertambahnya usia, maka masalah ini akan semakin serius. Dilansir dari popmama.com, Dengan mencampurkan kopi dengan sampo kesayangan anda, hal ini dapat mengurangi kerontokan dalam rambut. Selain itu juga dapat mendorong pertumbuhan Kembali pada rambut dan memperkuat rambut agar tidak cepat patah. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang dikandung kopi.

Ulasan ulasan yang hadir di laman aplikasi TikTok juga mengatakan bahwa mencuci rambut menggunakan kopi juga dapat membuat rambut kita menjadi lebih lembut dan berkilau. Jika kita memiliki peemasalahan rambut kering dan kusam, terutama permasalahan yang sering dihadapi oleh mereka yang memiliki rambut keriting, campuran kopi bubuk dengan sampo akan membantu dalam menghidupkan Kembali rambut kita karena kandungan flavonoid didalamnya. Kandungan flavonoid diuji dapat mendorong regenerasi rambut sehingga secara perlahan dapat membantu memperhalus rambut.

2.kekurangan mencuci rambut dengan campuran kopi

Penjelasan sebelumnya telah memaparkan bagaimana kopi bubuk dapat membantu mengatasi permasalahan rambut yang sering terjadi. Namun disamping hal tersebut, terdapat pula akibat buruk jika terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan campuran kopi bubuk dengan sampo. Disunting dari akun Tiktok Dr.Michael yang merupakan dokter spesialis kulit dan kecantikan.

Dalam salah satu suntingannya, dokter ini mengatakan bahwa memang benar ada penelitian uji laboratorium jika zat kafein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun uji klinis kepada manusia masih sedikit sehingga belum bisa dipastikan kebenaran dari manfaat tersebut.

Untuk itu, Dr. Michael tidak menyarankan pencampuran kopi bubuk dengan sampo untuk di aplikasikan kepada manusia. Untuk yang sudah pernah mencoba ataupun baru ingin mencoba tren viral ini harus berhati-hati lagi karena jika kita salah pada jumlah takaran, ataupun salah konsentrasi, hal tersebut justru akan menghasilkan permasalah lain pada rambut dimana dapat membuat kulit kepala kita iritasi.

Saran yang lebih dianjurkan oleh Dr.Michael jika kita ingin memperlebat rambut ataupun mengatasi permasalahan rambut yaitu dengan makan makanan yang bergizi, tidak banyak ataupun tidak berlebihan dalam menata rambut seperti mewarnai, meluruskan rambut, dan lain lain. Serta jika kita ingin tetap menggunakan kandungan kafein kepada rambut kita, lebih dianjurkan untuk menggunakan sampo yang memang sudah terdapat kandungan kafein didalamnya yang dapat dilakukan selama 2 sampai 2 kali dalam seminggu.

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan kopi bubuk dalam kegiatan mencuci rambut sehari-hari. Memang terlihat banyak manfaatnya. Namun perlu dipertimbangkan Kembali juga kekurangannya dalam pemakaian berlebih. 

Last modified on Rabu, 13 Oktober 2021 15:37

Leave a Comment