Makin Berumur Menyebabkan Siklus Tidur Yang Tidak Teratur Bagi Wanita

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bersyukurlah bagi kalian yang masih muda mendapatkan nikmat dari diberikan oleh Allah karena bisa tidur dengan waktu cukup dan nyenyak. Karena bertambahnya usia mempengaruhi siklus perubahan tidur.

Bahwa seiring bertambahnya usia, terutama ketika wanita memasuki usia 30 hingga 40-an tahun, struktur otak dan konektivitas mengalami perubahan sehingga membuatmu kesulitan saat ingin tidur. Ini yang akan terjadi pada tubuh terhadap siklus tidur ketika usia makin tua. Dilansir dari furthermore.equinox.com

1. Berkurangnya waktu untuk terlelap

Jika biasanya kamu bisa dengan mudah tertidur, tubuh akan mengalami waktu 90 menit untuk melalui empat tahap mulai dari tidak sadarkan diri hingga mencapai REM. Berbeda jika usia mu makin bertambah. Waktu untuk melalui empat tahap tersebut lebih pendek dan kamu hanya melalui tidur ringan sehingga gampang terbangun. Pada akhirnya kamu akan mudah lelah dan mengantuk di siang hari.

2. Lebih peka terhadap suara

Jika dulu kamu dengan mudah tertidur meski mendengarkan suara yang sedikit berisik, kini kamu akan merasakan keheningan adalah hal wajib agar bisa tidur. Bahkan suara detik jarum jam bisa membuatmu usah tidur.

3.Terbiasa kurang tidur

Terbiasa kurang tidur, dan hal ini tak baik. Penelitian menemukan bahwa orang yang sulit tidur pada akhirnya memaksakan diri untuk beristirahat lebih sebentar. Tetap jaga kebiasaan tidur dan usahakan 7-9 jam per harinya agar tidak menjadi kebiasaan buruk.

4. Jangan memaksakan diri

Ketika kamu masih muda mungkin sering memaksakan diri untuk tidur lebih larut malam, entah itu karena harus mengerjakan tugas yang deadlinenya mepet atau lain sebagainya. Namun jangan lakukan ini lagi ketika usia makin tua. Karena bertambahnya usia, kamu mungkin akan lebih mudah lelah dan mengantuk. Jadi ketika kamu sudah kesulitan tidur, jangan memaksakan tidur larut jika memang sudah mengantuk.