Siapa Sangka Gula Memiliki Sejumlah Manfaat, Yuk Kenali Manfaat Gula Bagi Kecantikan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Gula seringkali dianggap sebagai bahan yang dapat memberikan efek buruk terhadap tubuh kita. Namun siapa sangka, ternyata bahan satu ini juga memiliki dampak positif dalam dunia kecantikan. Selain itu, bahan ini juga kerap ditemukan sebagai salah satu bahan esensial pada produk kecantikan. Penasaran dengan manfaat yang ada dalam gula? Mari simak penjelasan selengkapnya.

1.Dapat Mengatasi Bibir Kering

Gula pasir diyakini mampu mengatasi bibir pecah-pecah atau kering. Karena Ketika bibir kita kering, hal ini menandakan bahwa bibir perlu untuk di eksfoliasi. Namun, mengeksfoliasi bibir tidak sembarangan, karena diperlukan bahan yang cukup halus untuk menghindari bibir terluka. Dalam hal ini, gula pasir mampu menjadi bahan yang tepat untuk mengangkat sel kulit mati karena butirannya yang cukup halus. Dengan mengoleskan langsung gula pasir ke bibir ataupun mencampurkan beberapa bahan tambahan seperti madu dengan gula, kalian mampu mengeksfoliasi bibir secara mudah dan alami.

2. Mengatasi Masalah Selulit

Selain memiliki kemampuan eksfoliasi, gula juga dapat mengatasi masalah selulit yang kerap terjadi pada wanita maupun pria. Gula pasir memiliki peran untuk mengencangkan pori-pori serta mampu memperbaiki tekstur kulit. Untuk itu, tampilan selulit yang muncul dapat disamarkan oleh gula.

3. Menghidrasi Kulit

Manfaat lainnya yang dapat ditemukan pada gula yaitu ia mampu untuk menghidrasi kulit. Gula pasir mampu memberikan manfaat dalam melembabkan kulit kita. Perawatan rutin yang dapat dilakukan dengan menggunakan scrub gula, diyakini mampu menghidrasi kulit sehingga kulit akan lebih lembab, lembut, dan sehat.

4.Dapat Membantu Mengangkat Bulu

Seringkali kita lihat para wanita maupun pria melakukan kegiatan waxing bulu atau mengangkat bulu-bulu di tubuh maupun wajah agar terlihat lebih bersih. Biasanya bahan yang digunakan dalam proses waxing ini menggunakan cairan manis yang panas. Dalam hal ini, gula mampu menjadi bahan tersebut. Dengan menggunakan gula pasir atau gula palem yang dilarutkan dengan air serta dicampur dengan perasan lemon, kalian sudah bisa menjalani kegiatan waxing ini di rumah. Campuran bahan tadi dipanaskan lalu dioleskan ke bagian yang ingin dihilangkan bulunya, lalu diangkat menggunakan kertas khusus. Niscaya bulu-bulu tersebut dapat terangkat dengan bersih.

5.Mampu Mengatasi Masalah Komedo yang Membandel

Komedo merupakan masalah kulit wajah yang mudah terjadi pada siapa saja. Masalah ini biasanya diakibatkan karena produksi minyak berlebih yang akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori. Untuk mengatasi masalah ini, gula pasir dengan beberapa bahan campuran lainnya seperti garam, air, dan perasan lemon mampu menjadi solusi untuk mengatasi komedo tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari gula terutama pada gula pasir. Dengan butirannya yang cukup halus, gula mampu membantu dalam mengeksfoliasi kulit-kulit mati pada wajah maupun tubuh. Selain itu gula juga memiliki manfaat dalam membantu masalah-masalah kulit kecantikan lainnya seperti masalah selulit dan komedo.