Jangan Disia-siakan! Ternyata Kulit Apel Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Wajah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Apel memang terkenal kaya akan manfaat karena mengandung nutrisi yang melimpah. Dari mulai antioksidan tinggi, vitamin, serat, dan kandungan lainnya. Namun biasanya orang-orang lebih sering mengkonsumsi dagingnya saja. Sedangkan kulit-kulit buahnya dibiarkan untuk dibuang secara cuma-cuma.

Padahal siapa sangka ternyata kulit buah apel memiliki manfaatnya tersendiri bagi wajah. Penasaran dengan manfaat kulit apel bagi wajah? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Kulit Apel Mampu Mencegah Jerawat

Buah apel mengandung berbagai macam senyawa yang mampu menjadi zat antioksidan dan anti-inflamasi seperti quercetin, flavonoid, dan juga fitokimia. Kandungan kandungan ini memiliki peran dalam menangkal berbagai macam bakteri dan virus dari luar. Tak hanya terkandung di dalam daging buahnya saja, tetapi ternyata mereka merata ke bagian luar kulitnya juga. Kulit apel yang mengandung antioksidan tersebut bisa diolah menjadi masker karena mampu mengurangi risiko munculnya jerawat serta mampu menutrisi kulit wajah kita.

2. Kulit Apel Mampu Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Selain menjadi bahan yang mampu dipakai untuk mencegah timbulnya jerawat. Kulit apel juga memiliki manfaat untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Terkadang permasalahan yang timbul yaitu Ketika noda bekas jerawat membekas terlalu lama yang muncul akibat pengaruh gen dan lingkungan. Masalah ini bisa diatasi salah satunya dengan menggunakan masker yang terbuat dari kulit apel. Kandungan didalamnya diyakini mampu membantu noda-noda bekas jerawat itu tersamarkan secara perlahan.

3. Memberikan Perlindungan Terhadap Sinar UV

Kulit apel yang kaya akan manfaat, biasanya diolah untuk dijadikan sebuah masker. Masker ini memiliki manfaat yang ternyata sangat bagus dalam memproteksi kulit dari pancaran sinar ultraviolet. Kandungan senyawa UVB yang dimiliki mampu membantu mengatasi permasalahan kulit yang terkelupas akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Meskipun penggunaan tabir surya tak kalah penting, tetapi masker kulit apel mampu untuk mengatasi jika masalah seperti ini muncul.

4. Mampu Menghidrasi Serta Membuat Kulit Lebih Cerah

Seperti manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan kulit apel salah satunya memiliki manfaat dalam menghidrasi kulit yang terbakar ataupun kulit kering. Namun tak hanya itu, kulit buah apel juga bisa membantu merevitalisasikan kulit sehingga kulit wajah akan terasa lebih lembut dan sehat. Kelebihan yang dimiliki oleh kulit buah ini bisa mengontrol sekresi berlebih dari kelenjar sebaceous, sehingga juga memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit wajah kita, dilansir dari jabarnews.com.

Ternyata tidak hanya dagingnya saja yang mengandung beragam manfaat, tetapi kulit dari buahnya juga memiliki khasiatnya tersendiri. Khasiatnya pun bisa mencegah dan mengatasi beberapa permasalahan yang sering terjadi pada kulit wajah. Dalam hal ini kulit apel mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam membantu perawatan kulit wajah kita.