Kenali Penyakit Infeksi Liver yang Diderita Almarhum Ameer Azzikra

Ameer Azzikra Ameer Azzikra ( Foto : doc.Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Kabar duka datang dari keluarga mending Ustadz Arifin Ilham yang dimana putra keduanya, Ameer Azzikra telah meninggal dunia pada Senin (29/11). Berita ini pun cukup mengagetkan banyak pihak, bahkan istri Ameer Azzikra, Nadzira Shafa dan kakak Ameer Azzikra, Alvin Faiz pun tak kuasa menahan tangis atas kepergian orang yang dicintainya.

Sebelum meninggal dunia, Ameer diketahui telah mengidap infeksi liver, tetapi pada awalnya belum menunjukkan gejala yang serius. Apa itu infeksi liver? Apa yang menjadi penyebab dari infeksi ini dan bagaimana cara mengobatinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Infeksi Liver

Infeksi liver merupakan penyakit yang menyerang organ liver atau hati yang menyebabkan terjadinya peradangan pada organ tersebut. Infeksi liver ini menjadi salah satu jenis penyakit liver atau hati yang paling sering terjadi.

Peradangan yang terus menerus terjadi akan menyebabkan liver menjadi rusak dan mengganggu kerja liver sebagai organ vital di dalam tubuh. Bahkan kondisi yang tidak diobati ini akan menyebabkan gagal hati.

Gejala Infeksi Liver

Sebenarnya gejala dari infeksi liver ini sendiri dapat bervariasi yang bergantung kepada tingkat keparahan dan penyebabnya. Bahkan pada tahap awal, infeksi ini sering kali tidak menimbulkan gejala pada seseorang.

Namun, terdapat beberapa gejala infeksi liver yang khas dan dapat diwaspadai, antara lain:

  • Kulit dan bagian putih pada mata tampak menguning
  • Sakit perut
  • Pembengkakan pada perut, kaki, dan pergelangan kaki
  • Mual atau muntah
  • Mudah lelah dan badan lemas
  • Urin berwarna gelap dan tinja berwarna pucat
  • Selera makan menurun
  • Nyeri otot dan sendi

Penyebab Infeksi Liver

Apa yang menjadi penyebab dari infeksi liver ini? Dilansir dari Web MD, infeksi liver dapat disebabkan oleh virus dan parasit. Namun, virus menjadi salah satu penyebab infeksi liver yang paling sering terjadi.

Beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi liver, antara lain:

  • Virus hepatitis A, B, C, D, E
  • Virus Epstein Barr
  • Adenovirus
  • Cytomegalovirus dari golongan virus herpes

Sedangkan, parasit yang dapat menyebabkan infeksi liver ini adalah parasite Toxoplasma gondii. Baik virus atau parasit penyebab infeksi liver ini dapat menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi, berkontak dekat dengan penderita, berkontak dengan darah atau air mani, dan lain-lain.

Perawatan Infeksi Liver

Tentunya perawatan dari infeksi liver ini harus dilakukan oleh dokter yang berkompeten dan perawatan yang diberikan biasanya bergantung kepada tingkat keparahan dari infeksinya.

Umumnya, dokter akan memberikan obat anti radang kepada seseorang yang menderita infeksi liver ini untuk menurunkan peradangannya dan obat antivirus apabila penyebab dari infeksi ini karena virus.

Selain perawatan secara farmokologi, dokter juga akan memberikan perawatan non farmakologi kepada penderita infeksi liver, seperti menjaga berat badan agar tetap ideal, menurunkan berat badan dengan diet yang tepat dan olahraga secara rutin.

Jika kamu menemukan adanya gejala seperti telah disebutkan di atas, maka segera konsultasikan kepada dokter terkait kondisi yang diderita agar mendapatkan penangan yang cepat.

Leave a Comment