Tak Hanya Buahnya, Ternyata Minyak Alpukat Memiliki Manfaat Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Buah alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki rasa yang lezat serta memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Buah ini sendiri tak hanya berguna bagi Kesehatan tubuh, namun alpukat juga dikenal memiliki manfaat bagi kecantikan. Biasanya buah ini sering dijadikan bahan alami untuk membuat masker serta menjadi bahan dasar dalam produk skincare kecantikan.

Tetapi bukan hanya dagingnya yang memiliki segudang manfaat, olahan minyak alpukat pun sama-sama memiliki manfaat yang baik. Dinyatakan bahwa minyak alpukat memiliki kandungan asam omega 3 yang tinggi, vitamin A,E dan juga vitamin D yang sangat bermanfaat bagi perawatan Kesehatan kulit.

Lantas, apa saja manfaat yang dimiliki minyak alpukat? Untuk mengetahui berbagai kandungan baik yang dimiliki oleh minyak alpukat, mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Mampu Melembabkan Kulit

Kandungan didalam minyak alpukat memiliki manfaat utama dalam menenangkan serta menambah kelembaban kulit. Sehingga minyak ini dapat mengunci hidrasi pada kulit kita. Menurut Hayag, dilansir dari byrdie.com, minyak alpukat ini dapat bertindak sebagai emolien serta memiliki sifat oklusif yang artinya mampu melembutkan kulit dan menjebak emolien ke kulit kita.

2. Memiliki Kemampuan dalam Menutrisi Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak alpukat ini memiliki kandungan vitamin E. Vitamin sendiri sangat penting bagi Kesehatan kulit kita. Vitamin E yang dimiliki memungkinkan untuk memberikan kelembaban yang lebih baik serta memiliki kemampuan antioksidan yang dimana mampu melawan radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV.

Namun tak hanya itu, minyak ini juga mengandung beberapa bahan lainnya seperti lesitin dan potassium, yang dimana mampu untuk memberikan nutrisi kepada kulit wajah seperti berperan penting dalam pertumbuhan sel kulit baru dan siklus pembaruan sel kulit yang dimana akan menjaga agar kulit lebih kenyal dan tetap lembut. Untuk itu, minyak ini sangat baik bagi mereka yang memiliki kondisi kulit sangat kering.

3. Meredakan Peradangan Serta Mampu untuk Memperbaiki Kondisi Kulit Tertentu

Terdapat beberapa orang yang memiliki kondisi kulit tertentu, salah satunya yaitu kondisi eksim dan psoriasis. Dalam beberapa waktu, terkadang kondisi kulit tersebut bisa membuat kulit terasa gatal, merah, hingga meradang. Hal ini akan semakin buruk Ketika ditambah jika situasi mendorong untuk menggaruk rasa gatal tersebut, yang akhirnya menyebabkan iritasi tambahan. Untuk kondisi kulit psoriasis, kulit akan cenderung lebih tebal dan bersisik.

Dalam mengatasi beberapa kondisi kulit tersebut, diyakini sifat anti-inflamasi, antioksidan, serta vitamin yang dikandung dalam minyak ini mampu membantu menyembuhkan beberapa permasalah diatas. Selain menjadi emolien yang bisa menenangkan dan memperbaiki kulit lesitin atau asam lemak yang dikandung juga mampu mengatasi kulit kering serta memperbaiki kondisi seperti eksim dan psoriasis.

4. Membantu Dalam Mencegah dan Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat dalam penggunaan minyak alpukat tak hanya terbatas pada kondisi kulit kering, karena minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi kondisi kulit yang berjerawat. Anti-inflamasi alami yang dimiliki mampu menenangkan iritasi dan mengurangi kemerahan yang dimana dapat mengatasi efek samping timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori-pori.

Kondisi kulit lain yang biasanya akan menimbulkan jerawat yaitu Ketika kulit kita terkena polusi yang dimana mampu menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Untuk itu, kandungan Antioksidan tinggi yang dimiliki oleh minyak alpukat juga mampu mengatasi timbulnya jerawat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan minyak alpukat. Ternyata minyak kelapa juga memiliki segudang manfaat bagi perawatan kulit agar kecantikan kulit tetap terjaga.

Leave a Comment