Mengenal Tipe Morning Larks dan Night Owl, Kamu yang Mana?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap orang pastinya memiliki kebiasaan hidup yang berbeda. Ada yang lebih memilih menjalani kegiatannya di pagi hari hingga sore hari, ada juga yang lebih nyaman beraktifitas saat matahari mulai terbenam.

Kedua tipe tersebut memiliki penjelasannya tersendiri. Jika lebih senang melakukan kegiatan di pagi hari, itu menandakan kamu termasuk kedalam Morning Larks. Dan sebaliknya, jika lebih nyaman beaktivitas di malam hari, kamu merupakan tipe Night Owl.
Dikutip dari Healthline, ini lah penjelasan serta beberapa perbedaan dari Morning Larks dan Night Owl.

Morning Larks

Tipe Morning Larks biasa dikenal juga dengan sebutan Morning Person, yaitu orang yang bersemangat saat terbangun menyambut pagi hari. Umumnya, tipe Morning Larks ini menikmati bangun pagi dan semangatnya cenderung menurun dengan cepat di pagi hari . 

Terdapat beberapa ciri-ciri dari Morning Larks, diantaranya sebagai berikut:

·    Tidur lebih awal

·    Bangun pagi-pagi

·    Kondisi tubuh terbaik dirasakan saat matahari terbit

·    Memiliki lebih sedikitt energi di sore dan malam hari

·    Mengalami kesulitan untuk tetap terjaga ketika melewati jam tertentu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2012 silam, tipe Morning Larks dikatakan memiliki tingkat emosi positif yang lebih tinggi. Meski begitu, perlu dipertimbangkan kembali bahwa kebahagiaan dan emosi positif lainnya dapat lebih mudah dirasakan ketika memiliki pola tidur yang berkualitas.

Night Owl

Sebaliknya dari Morning Larks, tipe Night Owl ini cenderung akan tetap terjaga hingga larut malam dan begadang, karena mereka merasa waktu produktif mereka terdapat pada malam hari. Orang  dengan tipe Night Owl diperkirakan berjumlah sekitar 15% dari populasi. Diketahui banyak dari tipe Night Owl adalah orang yang kreatif dan lebih terbuka untuk mengambil risiko.

Terdapat beberapa ciri khas dari Night Owl, diantaranya sebagai berikut:

·    Begadang

·    Menikmati tidur di pagi hari

·    Kondisi tubuh yang terbaik dirasakan di malam hari

·    Memiliki lebih banyak energi di malam hari

·    Merasa lelah setelah bangun pagi

·    Mengalami kesulitan untuk fokus di siang hari

Menjadi Night Owl memang memiliki beberapa kelemahan. Karena sebagian besar masyarakat melakukan aktifitas di siang hari, orang yang bangun terlambat mungkin lebih sulit melakukan pekerjaan sehari-hari.

Selain itu, Night Owl juga memiliki beberapa dampak negatif, terutama bagi kesehatan. biasanya, orang dengan tipe Night Owl memiliki waktu tidur yang kurang sehingga dapat memiliki gangguan impulsif, cemas, depresi, dan emosional.

Tipe Night Owl cenderung melewatkan sarapan hingga makan lebih banyak di malam hari, serta akan lebih banyak mengonsumsi kafein.

Berdasarkan penjelasan mengenai Morning Larks dan Night Owl di atas, manakah yang menjadi tipe dari diri kamu?
 

Leave a Comment