Bahaya Melakukan Self Diagnosis untuk Kesehatan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Self diagnosis merupakan sebuah upaya untuk mendiagnosis atau mendeteksi diri sendiri hanya berdasarkan informasi yang di dapat secara mandiri. Informasi yang didapat bisa dari teman, keluarga, hingga internet.

Hal tersebut tentunya berbahaya jika dilakukan terus menerus, karena yang berhak mendiagnosis atau mendeteksi suatu penyakit yaitu ahlinya.

Berikut MuslimahDaily kutip dari beberapa sumber mengenai bahayanya melakukan self diagnosis untuk kesehatan.

1. Salah Melakukan Penanganan

Jika penetapan diagnosisnya tidak tepat, kemungkinan besar penanganannya juga akan keliru. Setelah self diagnosis, seseorang bisa saja membeli obat atau melakukan pengobatan lain yang salah. Padahal, setiap penyakit memiliki penanganan, jenis obat, dan dosis obat yang berbeda-beda.

Konsumsi obat yang salah justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang baru, memicu efek samping dan interaksi obat, atau bahkan ketergantungan obat. Meski ada beberapa obat yang tidak menimbulkan efek samping apa pun yang berbahaya, jika salah penggunaan obat, keluhan yang kamu rasakan tidak akan membaik dengan obat tersebut.

2. Salah Mendiagnosis

Menetapkan diagnosis tidaklah mudah. Diagnosis ditentukan berdasarkan analisis yang menyeluruh dari gejala, riwayat kesehatan terdahulu, faktor lingkungan, serta temuan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Tidak jarang, dibutuhkan berbagai pemeriksaan lanjutan serta observasi yang mendalam untuk mengetahui apakah ada masalah dengan fisik maupun mental seseorang. Ketika melakukan self diagnosis, besar kemungkinan dapat melewatkan faktor-faktor penting tersebut, sehingga akhirnya menyimpulkan diagnosis yang salah. Terlebih, jika informasi yang diperoleh berasal dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.

Perlu diketahui bahwa mengalami satu atau dua gejala dari sebuah penyakit bukan berarti menderita penyakit tersebut. Karena terdapat banyak penyakit yang memiliki gejala serupa.

3. Memicu Gangguan Kesehatan yang Lebih Parah

Karena salah mendiagnosis dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, penyakit yang kamu derita justru bisa menjadi lebih parah atau ditambah masalah baru (komplikasi). Hal ini karena obat yang dikonsumsi tidak berdampak apa-apa terhadap penyakit yang dialami.

Leave a Comment