Kasus Covid-19 di Indonesia Menurun Berdasarkan Data Terbaru Kemenkes

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kementrian Kesehatan RI mencatat penurunan signifikan kasus covid-19 di Indonesia menjadi 48.484. Sebelumnya, kasus covid-19 diketahui mencapai 59.384. Kasus aktif juga ikut turut melambat dengan penambahan di angka 15.448 per hari.

“Hari ini kasus konfirmasi harian berkurangan hingga 10.900 dari hari sebelumnya, dan kasus aktif sedikit melambat dengan penambahan di angka `5.448 per hari. Penambahan angka bed occupancy ratio (BOR) secara nasional juga masih terkendali naik hanya 1% hari ini dibanding kemarin,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Jurus Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes.

Pemerintah juga terus memperkuat fasilitas layanan kesehatan secara nasional menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang didominasi varian Omicron saat ini.

“Kita akan terus memprioritaskan pelayanan kesehatan rumah sakit hanya untuk pasien Covid-19 bergejala sedang hingga kritis dan yang memiliki komordibitas saja, untuk menahan tekanan pada rumah sakit sampai kita melewati puncak gelombang Omicron nantinya,” sambung dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid.

Tidak hanya memperkuat dengan strategi triase seperti mengutamakan pelayanan kesehatan bagi pasien yang paling membutuhkan, pemetintah juga terus menjaga angka testing dan tracing agar tetap tinggi.

Stok kebutuhan oksigen di 10 Provonsi yang mencatat kenaikan kasus tertinggi juga tetap terjaga di angka hingga lebih dari 48 jam.

“Selain penangan kasus, pemerintah juga terus melakukan upaya pencegahan seperti meningkatkan vaksinasi dosis lengkap ke lebih dari 208 juta penduduk Indonesia. Ini sangat penting untuk mencegah agar penduduk terhindar dari kesakitan atau risiko kematian akibat terinfeksi virus Covid-19,” jelas dr. Nadia.

Leave a Comment