Mengenal Jam Kerja Organ di Dalam Tubuh yang Wajib Diketahui

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tidak hanya manusia yang memiliki jadwal kerja, organ-organ di dalam tubuh kita pun ternyata memiliki jadwal kerjanya masing-masing.

Diketahui bahwa jadwal kerja organ dalam tubuh manusia merupakan suatu pengaturan waktu internal dalam tubuh yang bekerja secara otomatis. Karena memiliki jam kerjanya sendiri secara otomatis, maka wajib bagi kita untuk mengetajui jadwal kerja organ dalam tubuh agar dapat menyesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. Tentunya hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jadwal kerja organ dalam tubuh yang wajib diketahui:

Usus besar: 05.00 hingga 07.00

Di waktu ini sangat disarankan untuk buang air besar (BAB) karena pada waktu ini produksi hormon melatonin akan berkurang. Pukul 08.00 pagi, diketahui pergerakan usus sedang tinggi-tingginya.

Lambung: 07.00 hingga 09.00

Pada rentang waktu ini organ lambung sedang aktif bekerja dalam menyerap makanan. Karena itu, segara isi lambung dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Limpa: 09.00 hingga 11.00

Setelah lambung bekerja, gantian limpa yang melakukan tugasnya. Organ limpa bekerja di waktu ini dengan mengirimkan apa yang sudah diserap lambung sebelumnya. Jika di waktu ini kamu merasa lelah hingga mengantuk, itu menandakan bahwa limpa kamu lemah.

Jantung: 11.00 hingga 13.00

Di waktu ini, organ jantung sedang bekerja dan sangat disarankan untuk menghindari aktifitas fisik berlebih serta menjaga emosi agar tetap stabil. Hal tersebut dikarenakan sifat jantung yang panas saat sedang bekerja pada waktu ini.

Usus kecil:13.00 hingga 15.00

Usus kecil akan melakukan tugasnya dengan memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh dengan mengedarakannya.

Kandung kemih: 15.00 hingga 17.00

Setelah menerima cairan dari usus kecil, Kandung kemih akan bekerja dengan mengeluarkan cairan-cairan yang telah diterima. Maka sangat wajar jika merasa ingin buang air kecil terus menerus di rentang waktu ini.

Ginjal: 17.00 hingga 19.00

Sangat disarankan untuk belajar pada waktu ini karena ginjal memiliki hubungan yang sangat erat dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dan Sumsum tulang belakang pada manusia berdasarkan teori Traditional Chinese Medicine.

Lambung Mulai Lemah: 19.00 hingga 21.00

Pada waktu ini, limpa yang sudah lemah akan memroses oembuangan racun tubuh serta regenerasi sel limpa. Jika waja menjadi agak pucat di jam ini, artinya limpa ada gangguan.

Limpa Mulai Lemah: 21.00 hingga 23.00

Diusahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berat dan padat yang sulit dicerna di waktu ini karena lambung sedang lemah dalam bekerja. Jika memungkinkan, lebih baik tidak usah mengonsumsi apa pun.

Jantung: 23.00 hingga 01.00

Sangat disarankan untuk tertidur pada waktu ini, karena kondisi jantung yang mulai melemah.
 
Hati atau Liver: 01.00 hingga 03.00

Pada waktu ini Liver sedang dalam kondisi kuat untuk bekerja dengan memroses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Selain itu, di waktu ini juga terjadi regenerasi sel. Karena itu, pada waktu ini sebaiknya sudah tidur agar liver bisa bekerja dengan baik.

Paru-paru: 03.00 hingga 05.00

Kondisi paru-paru sedang kuat sehingga paru-paru akan bekerja dengan baik. Di waktu ini terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran yang terdapat di paru-paru. Sangat disarankan untuk menghirup udara segar dari alam. Jika mengalami bersin, batuk, dan berkeringat di waktu ini menandakan bahwa  paru-paru kotor.

Last modified on Senin, 07 Maret 2022 13:17

Leave a Comment