Jaga Tubuh Tetap Sehat, 5 Olahraga ini Aman Dilakukan Meski Sedang Berpuasa

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Freepik )

Muslimahdaily - Saat menjalankan puasa, memang badan menjadi sedikit lemas karena tidak ada asupan makanan maupun minuman selama 12 jam. Namun, hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Karena faktanya berdasarkan pakar kesehatan, aktif bergerak meski sedang berpuasa itu baik karena akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Namun sebelum mulai berolahraga di tengah-tengah ibadah puasa, alangkah baiknya memilih olahraga yang tidak terlalu berat. Lantas, olahraga apa saja yang dapat dilakukan saat menjalankan ibadah puasa?

Kali ini Muslimahdaily telah merangkum dari berbagai sumber, 5 olahraga yang aman dilakukan meski sedang berpuasa:

1.Yoga

Olahraga satu ini tidak terlalu berat dan sangat direkomendasikan untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Yoga memiliki manfaat untuk  membantu menyuplai oksigen ke dalam otak, membantu untuk tenang, nyaman dan menenangkan. Jenis olahraga ini ringan serta tidak memiliki ancaman resiko berbahaya.

2.Joging

Joging atau lari pelan adalah jenis olahraga ringan saat puasa yang juga bisa jadi pilihan. Tidak perlu jauh ke luar rumah untuk melakukan joging. Di halaman depan rumah saja, sahabat muslimah sudah bisa melakukan joging. Joging memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan tubuh.

3.Bersepeda

Olahraga alternatif yang cocok dilakukan saat pagi hari saat udara masih segar dan menyegarkan mata adalah bersepeda. Cukup lakukan selama kurang lebih 45 menit untuk membakar 300-350 kalori.

4.Lompat Tali

Aktivitas yang membutuhkan tali skipping ini bisa dilakukan siapa saja, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Olahraga ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan kepadatan tulang. Sahabat muslimah bisa melakukannya menjelang buka puasa selama 15 menit.

5.Jalan Kaki

Jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan saat puasa yang boleh dilakukan. Bahkan jalan kaki di tempat sekalipun! Sebab, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.

Last modified on Selasa, 19 April 2022 15:43

Leave a Comment