Ingin Meningkatkan Kualitas Tidur? Lakukan 5 Cara Ini Secara Rutin

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setelah beraktifitas seharian, tubuh pastinya terasa lelah dan membutuhkan istirahat seperti tidur. Namun ternyata, tidak semua orang dapat merasakan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Biasanya, gangguan tidur terjadi karena adanya beberapa faktor seperti penyakit maupun suasana hati yang buruk.

Jika tidur terus menerus mengalami gangguan, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Karena itu sangat disarankan untuk menjaga pola tidur agar teratur dan juga berkualitas.

Berikut MuslimahDaily rangkum dari berbagai sumber 5 cara untuk meningkatkan kualitas tidur.

1. Kurangi Waktu Tidur Siang

Tidur siang cukup berpengaruh pada kualitas tidur di malam hari. Jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik hindari tidur siang atau tidur hanya 10 – 20 menit saja.

2. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu kualitas tidur. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Selain itu, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

3. Hindari mengonsumsi kopi sebelum tidur

Kopi mengandung zat kafein yang dapat membuat Anda menjadi sulit tidur. Meski dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali pada malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur menurun dan mengurangi waktu tidur.

4. Olahraga teratur

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Olahraga teratur dapat membantu lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak.

Namun, perhatikan waktu olahraga. Jika melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur, mungkin ini dapat mengganggu kualitas tidur. Pasalnya, olahraga berat dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk. Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan olahraga pada pagi hari.

5. Rapihkan kamar agar dapat tidur dengan nyaman

Biasanya saat lingkungan membuat nyaman, maka tubuh pun akan merasa nyaman sehingga saat akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu tidur lebih nyaman. Kondisi kamar yang gelap akan memberi sinyal ke otak bahwa ini sudah waktunya tidur. 

Leave a Comment