Menstruasi Tidak Lancar? Terapkan 6 Cara ini di Rumah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan keluarnya darah kotor melalui vagina. Umumnya, menstruasi terjadi selama 3 hinga 7 hari, dan berjarak selama 28 hingga 36 hari untuk menstruasi selanjutnya.

Tetapi sayangnya, tidak semua wanita dapat memiliki siklus menstruasi yang lancar. Beberapa wanita harus merasakan jadwal menstruasi yang sangat berantakan dan tidak pada waktunya.

Hal tersebut memang cukup mengkhawatirkan. Tetapi bagi sahabat muslimah, jangan terlalu panik dahulu, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu jadwal menstruasi yang sedang tidak teratur.

Berikut MuslimahDaily rangkum dari berbagai sumber, 6 cara simple yang bisa diterapkan di rumah agar siklus menstruasi kembali lancar:

1.Konsumsi Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang bisa menyebabkan menstruasi. Namun belum ada bukti ilmiah yang cukup menunjukkan vitamin C bisa melancarkan menstruasi.

Vitamin ini bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron. Ketika rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak, bisa menyebabkan timbulnya menstruasi.

Vitamin C ada dalam buah jeruk, beri, blackcurrant, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis Brussel, paprika merah dan hijau. Ada juga sayur tomat yang mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

2.Konsumsi Vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yang bagus untuk kesehatan tulang. Namun selain itu, vitamin D juga bisa membantu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menyebutkan ada hubungan antara vitamin D yang rendah dan haid yang tidak teratur.

Haid yang tidak teratur merupakan salah satu gejala yang muncul saat Anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebuah penelitian menemukan bukti bahwa kombinasi suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin bisa melancarkan haid wanita dengan PCOS.

Vitamin D bisa didapatkan dari matahari pagi. Anda cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, dan sereal yang diperkaya.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian. Namun, sebelum mengonsumi suplemen, baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

3.Istirahat yang Cukup

Stres pikiran dan capek fisik bisa mengancaukan siklus haid yang tadinya normal. Haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Anda bahkan mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

Obat paling mujarab untuk menghilangkan stres pikiran dan fisik adalah beristirahat. Hentikan kebiasaan begadang karena tidak membawa manfaat apa pun untuk tubuh.

Tidur cukup membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam.

Hindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh di malam hari karena bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam.

4.Meditasi

Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu melancarkan haid. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.
 
5.Berlatih Yoga

Yoga termasuk salah satu cara efektif untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Yoga juga termasuk olahraga yang bisa mengurangi nyeri haid.

Penelitian yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan fakta-faktanya.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa yoga bisa membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

Berbagai manfaat ini dirasakan oleh peserta yang telah beryoga selama 35-40 menit untuk 5 hari seminggu selama 6 bulan.

Beryoga pun tidak harus datang ke kelas di gym. Anda tetap bisa berlatih yoga dengan mudah di rumah. Saat ini sudah banyak video yoga dari instruktur ahli yang beredar di internet. Namun, pastikan untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana yang sekiranya minim risiko agar terhindar dari cedera.

Jika Anda punya cukup waktu, datanglah ke kelas yoga agar bisa dipandu oleh instrukturnya secara langsung. Dengan mendatangi kelas yoga, Anda akan dibantu melakukan gerakan dengan benar agar tidak cedera.

6.Menjaga Berat Badan Sehat dan Normal

Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid Anda tiap bulannya.

Mulailah menjaga berat badan dengan membiasakan makan sehat dan berolahraga secara teratur. Olahraga membantu menurunkan badan dengan cara yang sehat sekaligus menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral tubuh.

Leave a Comment