Ingin Hidup Bahagia? Coba Terapkan 5 Kebiasaan Sederhana Ini dalam Kehidupan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Merasakan kebahagiaan saat menjalani kehidupan tentu dambaan semua orang. Namun terkadang, kita tidak dapat menghindari suatu masalah yang akhirnya membuat perasaan menjadi sedih dan tidak nyaman. Meski wajar merasakan kesedihan, alangkah baiknya jika kita dapat mengontrol perasaan sedih dan memulai untuk hidup dengan rasa bahagia.

Untuk mendapatkan kebahagiaan dan meminimalisir rasa sedih dapat kita lakukan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan positif yang sederhana. Jika kebiasaan positif sudah mendarah daging dalam kehidupan kita, maka kita akan mudah untuk merasakan bahagia.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jalan yang berbeda untuk mencapai kebahagiaannya. Begitu pula dengan alasan bahagia, tentunya setiap orang memiliki alasan yang berbeda. Tetapi meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba suatu hal yang baik, salah satunya seperti kebiasaan positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan.

Melansir Healthline, 5 kebiasaan sederhana ini dapat mendatangkan perasaan bahagia jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apa saja kah kebiasaan itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Perbanyak Senyum

Saat tersenyum,otak akan melepaskan dopamin yang membuat kita lebih bahagia. Karena itu tersenyum merupakan langkah awal yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar perasaan kita senantiasa bahagia.

2. Olahraga

Olahraga tidak hanya untuk tubuh, olahraga yang dilakukan secara teratu juga dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan.

Sahabat muslimah dapat memulainya dengan mencoba olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar blok setiap pagi atau sore, ataupun dengan melakukan 5 menit peregangan.

3. Tidur yang Cukup

Tidak peduli seberapa banyak masyarakat modern mengarahkan kita ke kurang tidur, kita tahu bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik, fungsi otak, dan kesejahteraan emosional.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7 atau 8 jam tidur setiap malam. Jika sahabat muslimah mendapati diri melawan keinginan untuk tidur siang, mungkin tubuh kita sedang memberi tahu bahwa kita membutuhkan lebih banyak istirahat.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Sahabat muslimah perlu tahu bahwa makanan tidak hanya berdampak pada kondisi fisik saja tetapi juga dapat memengaruhi kondisi pikiran dan perasaan. Memang tidak semua makanan seperti itu, tetapi cukup banyak makanan yang berpengaruh besar terhadap pikiran dan perasaan.

Sebagai contoh, karbohidrat melepaskan serotonin, atau hormon “merasa baik”. Dengan mengonsumsi karbohidrat, setidaknya sahabat muslimah sudah dapat merasakan perasaan baik. Adapun contoh lainnya seperti daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, dan susu tinggi protein. Makanan tersebut melepaskan dopamin dan norepinefrin, yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi.

Jadi, mulailah dengan membuat satu pilihan makanan yang lebih baik setiap harinya ya, sahabat muslimah.

5. Bersyukur

Hal sederhana tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu bersyukur. Dengan merasa bersyukur, suasana hati sahabat muslimah dapat meningkat dan merasakan kebahagiaan. Sebuah penelitian dua bagian baru-baru ini menemukan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat memiliki dampak yang signifikan pada perasaan harapan dan kebahagiaan.

Cobalah untuk memperhatikan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup sahabat muslimah. Hal Itu bisa berupa hal-hal besar, ataupun hal kecil. Dengan begitu sahabat muslimah dapat lebih menyadari akan semua hal positif di lingkungan sekitar sehingga menumbuhkan perasaan bersyukur.

Jangan lupa untuk menerapkan 5 kebiasaan baik di atas ya, sahabat muslimah! Dan tetap jaga perasaan serta pikiran kita agar selalu merasakan bahagia di setiap harinya.

Leave a Comment