Waktu Terbaik Mengaplikasikan Masker Wajah, Sebelum atau Sesudah Mandi?

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Freepik )

Muslimahdaily – Kamu selalu bingung kapan waktu yang tepat menggunakan masker wajah, apakah sebelum atau sesudah mandi? Ahli kulit mengatakan bahwa penggunaan yang tepat untuk masker wajah sebagian besar bergantung pada jenis masker serta jenis kulit masing-masing tiap seseorang.

Sebelum mengetahui waktu pengaplikasian masker ke wajah untuk hasil terbaik, kamu harus memahami terlebih dahulu jenis masker wajah apa yang kamu gunakan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis Masker Wajah Apa yang Digunakan?

Dengan berbagai jenis yang tersedia di pasaran, masker wajah dapat kategorikan ke dalam jenis berikut berdasarkan aplikasi, manfaat, dan jenis kulit.

1. Charcoal Mask

Masker Chacoal atau masker arang adalah masker yang terbuat dari arang atau karbon aktif. Melansir dari laman Alodokter.com, arang aktif dibuat dengan memanaskan arang biasa menggunakan suhu tinggi hingga menjadi bubuk hitam dan halus dengan daya serap yang tinggi.

Masker berwarna hitam ini umumnya digunakan untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak. Masker ini mengandung bahan yang memiliki khasiat untuk menyerap sebum berlebih dan mengecilkan pori-pori.

2. Hydrating Mask

Hydrating mask merupakan masker pelembab jenis humectant yang memiliki tekstur krim atau gel dan dapat menyerap air ke kulit. Masker ini dapat meningkatkan kandungan air di kulit karena kandungan aloe vera, propylene glycol, glycerin, hyaluronic acid, atau pantenol di dalamnya. Masker ini dimaksudkan untuk merawat kulit kering dan sensitif.

3. Anti-Aging Mask

Masker ini hadir dengan bahan aktif seperti vitamin C, niacinamide, dan ekstrak buah lainnya yang kaya akan antioksidan. Ini membantu dalam mengobati berbagai tanda penuaan pada kulit seperti garis-garis halus, warna kulit tidak merata, pigmentasi, kerutan, kekasaran, dan lain-lain.

Waktu Terbaik Memakai Masker Wajah

Masker Wajah Dipakai Sebelum Mandi

Masker untuk anti jerawat, pembersih dan pengelupas kulit mati seperti masker charcoal, sebaiknya diaplikasikan sebelum mandi. Setelah melepas masker, diamkan selama beberapa menit. Kamu juga bisa mandi air hangat untuk menghilangkan masker dari wajah. Ini akan dengan mudah membantu menghilangkan kotoran, sebum, kulit mati, dan kontaminan lain dari pori-pori kulit.

Masker Wajah Dipakai Setelah Mandi

Mandi air hangat membuka pori-pori kulit dan membuatnya siap menyerap bahan aktif yang ada dalam masker wajah. Oleh karena itu, hydrating mask dan anti-aging mask yang membutuhkan kulit untuk menyerap bahan secara mendalam, perlu diterapkan setelah mandi.

Selain itu, mengoleskan masker ini setelah mandi membantu menahan kelembapan di kulit, membuatnya terasa lebih lembut dan padat setelah melepas masker wajah.

Tidak ada aturan keras tentang waktu penggunaan masker wajah, ia dapat diterapkan kapan saja sepanjang hari. Namun, ketika kamu menggunakan masker wajah seperti hydrating mask dan anti-aging mask sebelum mandi, zat aktif yang ada dalam masker cenderung hilang saat kamu mandi nanti. Ini akan mengurangi dampak menguntungkan dari masker pada kulit.

Jadi, lebih baik mengoleskan masker wajah hydrating mask di pagi hari karena dapat meningkatkan kilau kulit sepanjang hari. Demikian pula dengan masker charcoal yang dapat diterapkan pada malam hari sebelum tidur.

 

 

Last modified on Rabu, 07 Desember 2022 02:05

Leave a Comment