Perhatikan! Ini Dia Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Kanker payudara adalah penyakit ketika sel-sel abnormal sudah tidak terkendali lagi di jaringan tubuh. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang masih sehat.

Kanker payudara sulit terdeteksi di tahap awal karena gelaja pembekaan masih berukuran kecil. Namun, jika benjolan sudah cukup besar, akan terlihat dan dapat dirasakan. Tetapi, tidak semua benjolan yang ada di payudara itu berarti adalah kanker. Pemeriksaan rutin diperlukan untuk mendeteksi dini kemungkinan benjolan tersebut adalah gejala kanker payudara.

Penyakit kanker payudara belum diketahui penyebab pastinya. Tetapi ada sejumlah faktor yang bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit kanker payudara. Bahkan faktor-faktor tersebut dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan sepele yang dilakukan. Berikut, Sahabat Muslimah dapat simak kebiasaan-kebiasaan sepele apa saja yang dapat menimbulkan risiko penyakit kanker payudara.

1. Tidur dengan Televisi yang Menyala

Kebiasaan ini tentu sepele jika diperhatikan. Sering kali kita menyalakan televisi, kemudian televisi yang menonton diri kita tidur. Jika dijadikan kebiasaan, maka hal ini dapat menimbulkan bahaya. Sinar biru dapat mengganggu fungsi melatonin (hormon yang mengatur pola tidur) berkurang. Karena sinar biru menafsirkan cahaya tersebut adalah matahari.

2. Bekerja pada Saat Malam Hari

Pada jurnal kedokteran Occupational and Environmental Medicine dituliskan, bekerja saat malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Bekerja pada malam hari membuat tekanan melatonin yang mengganggu aktifitas tidur, kurang vitamin D, serta gaya hidup yang buruk menjadi satu keterkaitan yang menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Akibat terlalu sering mengejar waktu untuk bekerja menjadikan seseorang lupa untuk makan. Akibatnya, banyak yang mengonsumsi makanan cepat saji agar bisa dimakan di waktu-waktu yang sibuk. Terlalu sering menerapkan kebiasaan ini dapat mengancam kesehatan karena dapat menimbulkan obesitas yang dapat memicu kanker payudara.

4. Menggunakan Bra yang Terlalu Ketat

Menggunakan bra yang ketat dapat menyebabkan penghambatan darah menuju payudara. Hal ini sangat berisiko timbulnya kanker payudara.

5. Menggunakan Kosmetik yang Mengandung Paraben

Kosmetik sangat dekat sekali dengan kaum perempuan karena dipakai sehari-hari. Oleh karena itu, selalu teliti memeriksa kandungan yang ada pada kosmetik. Bila terdapat kandungan paraben pada kosmetik dapat menimbulkan bahaya jika kosmetik tersebut digunakan di wajah atau anggota tubuh lainnya secara rutin. Paraben sendiri adalah pengawet yang umum digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroba dalam produk.

6. Malas Berolahraga

Kebiasaan ini seringkali ditinggalkan oleh banyak orang. Jika Sahabat Muslimah tidak aktif berolahraga maka tubuh tidak banyak melakukan aktivitas bergerak. Padahal banyak bergerak mampu mengurangi risiko kanker berhubungan dengan berat badan tubuh, contohnya kanker payudara.

Bila kebiasaan-kebiasaan di atas masih terus dilakukan, maka sel-sel abnormal tidak terkendali lagi di jaringan tubuh. Alangkah baiknya, Sahabat Muslimah melakukan kegiatan produktif untuk mencegah gejala kanker payudara.

Last modified on Selasa, 22 November 2022 16:49

Leave a Comment