Waspada Gejala Dini Kanker Payudara

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Wanita mempunyai daerah yang paling rawan, yaitu payudara. Kanker sering terjadi di daerah payudara yaitu, proses saat sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali yang pada akhirnya memunculkan tanda-tanda tertentu pada payudara. 

Kanker ini paling sering terjadi pada kaum wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada pria. Ada beberapa tanda-tanda yang harus kamu ketahui tentang munculnya kanker pada payudara, yaitu:

1.Benjolan atau pembengkakan di sekitar payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu tanda yang harus kamu waspadai, karena benjolan merupakan tanda awal dari munculnya kanker payudara. Tetapi tidak semua benjolan yang kamu rasakan merupakan benjolan kanker. Biasanya benjolan di payudara ini terasa keras, tidak berpindah, hanya ada satu benjolan, tidak ada di payudara sebelahnya dan benjolannya sulit untuk dibedakan. 

2.Puting terasa sakit

Hati-hati jika kamu sudah merasakan sakit di bagian puting, gejala kanker yang akan terjadi adalah puting akan menelusup ke dalam secara tidak wajar dan mengeluarkan cairan berwarna putih atau bening. Bila sudah parah, putingbahkan  bisa mengeluarkan cairan coklat atau darah, ini menandakan kanker yang diderita sudah kronis, segeralah periksa ke dokter.

3.Perubahan warna dan tekstur kulit payudara

Ruam merah yang hangat di sekitar payudara biasanya akan terlihat, Jika terdapat perubahan drastis dari warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu pada payudara, maka kamu harus waspada. 

Perubahan tekstur kulit yang menjadi kerutan merupakan hal berikutnya yang mesti kamu waspadai, biasanya kerutan berada di bagian tertentu dan warnnya agak sedikit gelap.

4.Nyeri berkepanjangan

Nyeri payudara ketka sedang datang bulan adalah hal yang wajar, karena nyeri itu akan kemudian hilang. Tetapi jika kamu merasakan nyeri pada payudara yang tak kunjung hilang, itu merupakan tanda yang harus kamu waspadai, segeralah periksa ke dokter.

Kanker payudara merupakan salah satu kanker mematikan yang sangat perlu diwaspadai, sebagai wanita kita harus sering melakukan SADARI (Memeriksa payudara sendiri), dengan melakukan pemeriksaan sendiri kita dapat mengetahui hal-hal aneh yang terjadi pada payudara kita. 

Jika gejala-gejala di atas sudah mulai anda rasakan, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter, dan bagi kamu yang sehat, tetap jaga pola makan dan kesehatan tubuh.

 

Leave a Comment