Cek Masa Pakai Produk Kosmetik Disini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Semua produk kecantikan sebenarnya mempunyai batas pemakaian meskipun tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Jadi, produk kosmetik tidak bisa digunakan selamanya, ada batas waktu pemakaiannya. Bila tidak memperhatikan batas kadaluarsa ini, bisa berdampak buruk bagi kulit pemakai, seperti gatal-gatal, iritasi, bahkan juga memicu kanker kulit.

Menurut ahli medis, kadaluarsa bukan berarti tanggal yang ada di kemasan produk, tapi jangka waktu kita memakai produk itu. Setelah membuka kemasan kosmetik, umur kosmetik di mulai dari sini. Tujuan kadaluarsa supaya penyebaran bakter jahat tidak banyak dalam produk. Bakteri ini akan mengkontaminasi produk dalam jangka waktu lama.

Yang perlu diperhatikan juga adalah cara penyimpanan kosmetik. Penyimpanan yang sembarangan bisa memperpendek usia kadaluarsa kosmetik. Kosmetik tertentu sebaiknya di simpan di lemari pendingin, atau di ruangan yang suhunya sejuk dan jauh dari jangkauan sinar matahari.

Berikut ini petunjuk umum masa kadaluarsa beberapa produk kosmetik.

- Lipstik dan Lipgloss

Produk kecantikan ini bukan media yang disukai bakteri untuk berkembang biak, karena bukan berupa cairan. Perhatikan bila aroma sudah mulai berubah dan menjadi apek, tekstur mulai meleleh dan tidak bisa lagi menempel maksimal di bibir. Bila lipstik Anda mengalami tanda seperti ini sebaiknya buang saja. Biasanya 1-2 tahun

- Maskara dan Liquid Eyeliner

Maskara tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi perubahan bau, teksturnya mengering dan menggumpal, sebaiknya dibuang saja. Biasanya dalam waktu  3-6 bulan. Untuk eyeliner cair biasanya 4 bulan. Sementara eyeliner pensil 1 tahun. Pastikan Anda menutup eyeliner setelah memakainya.

- Blush On

Ciri-ciri Blush on yang sudah tidak aman bila warnanya yang terlihat kusam dan kelabu. Blush on bubuk biasanya 2 tahun, yang berupa krim 6 bulan hingga 1 tahun.

- Foundation

Ciri-ciri foundation yang tak layak pakai adalah terpisah menjadi dua bagian, dan warnanya sudah tidak jernih lagi, cenderung gelap tidak merata. Masa aman pakai sebuah  liquid foundation berbahan dasar air adalah 1 tahun, untuk yang berbahan dasar lemak 1,5 tahun. Perbedaan masa pakai ini adalah karena minyak membantu mempertahankan usia pakai lebih lama.

- Eyeshadow

Beberapa eyeshadow yang berkualitas dapat bertahan sekitar 3-5 tahun. Namun pastikan selalu membersihkan dan mengganti kuasnya minimal setahun sekali

- Spon

Karena setiap hari digunakan, gantilah spon makeup setiap 2-3 bulan sekali. Bakteri gemar menempel dan berkumpul di tempat lembab. Semakin sering digunakan, spons semakin lembab dan kuman bisa berpindah dari spon ke kulit Anda.

- Tabir Surya

Apa pun Jenis tabir surya yang anda gunakan, pastikan usia pakainya tidak melebihi 1 tahun. Bila Anda jarang beraktifitas di luar, belilah tabir surya dalam kemasan kecil saja. Jangan lupa, tutup rapat botol agar lotion tidak mudah mengering dan terkena polusi

Last modified on Selasa, 07 Februari 2017 07:38

Leave a Comment