Ini Dia Penyebab Kamu Semakin Gemuk Meski Puasa

Muslimahdaily - Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan, maklum seharian tidak makan maupun minum.
Namun mari kita jujur soal yang satu ini. Jika seharusnya selama puasa kamu bisa semakin langsing, namun kenyataannya banyak yang justru semakin melar dan besar selama bulan puasa bukan? Apakah kamu mengalami hal yang sama di ramadhan-ramadhan sebelumnya? Bukannya tambah kurus eh tapi malah tambah gendut? Jika iya, wah berarti ada yang salah dengan puasa kamu nih!

Berikut ini ada penyebab utama mengapa kamu yang berpuasa tetapi badannya tetap gendut. Coba lihat dengan seksama siapa tahu ada kebiasaan kamu yang disebutkan disini.

1.Budaya balas dendam yang mengakar
Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk berbuka dengan air dan juga kurma, lalu kemudian baru dilanjutkan dnegan menu yang lebih berat. Namun fakta di lapangan berkata lain. Biasanya menu berpuka puasa sangat wah, mulai dari minuman manis, dingin hingga yang hangat semuanya tersaji di meja makan.

Makanan berbukanya juga tidak tanggung-tanggung; ada berbagai jenis kue dan buah yang biasanya dilahap semua begitu beduk berbunyi. Budaya balas dendam seperti ini banyak ditemukan di Indonesia. Banyak yang merasa harus makan sebanyak-banyaknya dan sepuas-puasnya karena sudah seharian berjuang puasa dengan perut kosong.

Padahal tujuan puasa adalah untuk melatih diri untuk menahan nafsu, termasuk nafsu untuk berlebih-lebihan saat berbuka. Karena melahap semua menu berbuka tanpa pilih, jadi jangan kaget jika melihat timbangan badan kamu naik ya.

2.Terlalu banyak makan dan minum saat berbuka
Masih nyambung dari alasan yang pertama, terlalu banyak minum yang manis-manis saat berbuka akan menambah kadar gula dalam darah. Selain itu makanan berlemak seperti gorengan atau makanan khas Indonesia lainnya mengandung banyak kolesterol yang jika diakumulasi akan menambah bobot badan kamu meski di siang hari kamu tidak makan dan minum.

3. Malas bergerak
Memang saat berpuasa tubuh akan terasa lemah dan bawaannya mau tidur terus, namun bukan berarti kamu berubah pasif saat sedang berpuasa loh! Meski berpuasa, kamu masih bisa kok menjalankan keiatan sehari-hari seperti biasa, bukannya tidur atau malas-malasan dengan alasan ‘kan sedang puasa’. Malas bergerak, kebanyakan tidur dan konsumsi makanan tidak sehat menjadi faktor utama mengapa kamu tetap gendut meski tengah berpuasa.

Meski semua hal selama ramadhan bernilai pahala di sisi Allah, termasuk tidur, namun gak benar juga jika menghabiskan hari dengan malas-malasan. Bukankah lebih baik beraktivitas dengan niat lillahi taala. tentu nilai pahalanya lebih besar bukan? Badan pun kembali aktif selama berpuasa.

Karena kamu sudah tahu alasan dibalik badan yang tetap gendut meski sedang puasa, di bualn puasa kali ini jangan diulangi lagi ya. Mari luruskan niat berpuasa karena Allah dan selamat berpuasa, semuanya!

Last modified on Minggu, 21 Jun 2015 15:53

Leave a Comment