Inilah 5 Obat Alami untuk Flu dan Batuk

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Kondisi tubuh yang kurang fit dan cuaca yang kerap tidak menentu, terkadang menyebabkan flu dan batuk. Penyakit satu ini jika dibiarkan tentu akan terus mengganggu aktivitas kita. Ada beberapa obat yang dapat kita gunakan tanpa mengonsumsi bahan-bahan kimiawi. Bahkan, bahan-bahan ini bisa kita temui di dapur. 

1.Kayu Manis

Selain kerap digunakan untuk penyedap kue, kayu manis juga memiliki khasiat lain. Bahan satu ini memiliki kandungan anti jamur dan juga bersifat analgesik (penghilang rasa sakit), sehingga dapat dipercaya mengobati bronchitis. 

Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki hormon insulin. Sehingga, tak jarang kayu manis juga kerap menjadi alternatif  bagi penderita diabetes.

Jika Anda mengalami flu atau batuk, kayu manis ini dapat dicampurkan dengan teh hangat. Caranya, dengan merebusnya bersama air hangat. Dapat dikonsumsi selama tiga kali per hari. Selain itu, serpihan kayu manis juga dapat dicampur ke dalam kue penganan Anda. 

2.Oregano

Rempah-rempah satu ini sering kita jumpai untuk penyedap pizza atau pasta. Namun, rupanya oregano juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Menurut Patrick Fratellone, seorang dokter dan herbalist dari Perserikatan Herbal Amerika menyatakan bahwa oregano mengandung antibakteri, antioksidan dan berfungsi sebagai ekspektoran untuk melegakan pernapasan. 

Pengobatan oregano dipercaya dapat membantu Anda yang sedang mengalami batuk. Caranya, dapat merebusnya dalam air panas. Lalu, bisa juga mencampurkannya dengan madu untuk menambah rasa manis. Pengobatan ini dapat dilakukan setiap hari, dengan mengonsumsi dua gelas setiap harinya. Ramuan ini bisa juga, lho untuk mengobati infeksi atau alergi kulit dan mengurangi rasa sakit perut. 

3.Bawang Putih

Meski memiliki bau yang kurang sedap, tumbuhan satu ini banyak mengandung manfaat. Bawang putih mengandung antibiotic, antibakteri dan antimikroba. Sehingga, tanaman ini dapat dijadikan alternatif pengobatan flu atau batuk berdahak. Berdasarkan penelitian para ahli dari Institut Teknologi dan Sains Birla, India, bawang putih adalah obat untuk infeksi pernapasan dan infeksi saluran kandung kemih. 

4.Jahe

Jahe dipercaya dapat mengurangi batuk dan menghangatkan tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Konsumsi jahe ini dapat dilakuakan dengan merebusnya seperti minum teh hangat. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon atau parutan kayu manis. 

5.Pala

Satu hal yang paling tidak menyenangkan saat flu adalah kondisi tubuh yang terasa kedinginan. Selain itu, perasaan gelisah juga kerap menyebabkan penderita flu susah tidur meski di sisi lain kita juga merasa kelelahan. Jika sudah begitu, maka pala dapat menjadi obatnya. 

Tanaman pala mengandung triptofan yang dapat meningkatkan rasa bahagia dan tenang dalam tubuh. Sehingga, baik dikonsumsi untuk obat penenang. Caranya, dengan mencampurkan parutan pala ke dalam teh, maka obat alami ini bisa menjadi alternatif pengurang rasa flu. 
 

Last modified on Selasa, 14 Maret 2017 12:10

Leave a Comment