Kiat Bijak Mengelola Keuangan Bagi Kreator Muda

Ilustrasi Ilustrasi

Musimahdaily.com - Profesi sebagai content creator kini kian diminati banyak orang, utamanya para anak muda. Bukan tanpa sebab, ini terjadi karena perkembangan social media yang begitu pesat dan diiringi dengan kemudahannya untuk digunakan. 

Apabila menjadi seorang content creator, Sahabat Muslimah tentu menyadari bahwa pemasukan yang ada tidaklah tetap karena bergantung dengan project setiap bulannya. Maka, diperlukan keahlian untuk bisa mengatur keuangan, seperti halnya Annisa Nur Fajrina, member MuslimahDaily Community yang merupakan seorang content creator.

Annisa atau yang biasa disapa Ica tidak hanya berprofesi sebagai content creator saja. Kini, ia juga bekerja di sebuah instansi perusahaan dan hanya menjadikan dunia digital sebagai pekerjaan sampingan saja. Kurang lebih sudah dua tahun Ica memiliki penghasilannya sendiri. Baginya dan tentu untuk Sahabat Muslimah, mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah. Diperlukan keahlian dan rasa bijak untuk mengatur keuangan agar terus dalam kondisi sehat.

Saat ini, Ica sedang berusaha untuk mengatur penghasilan yang ia dapat guna memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pribadi hingga kebutuhan rumah. Ica merasa bahwa penghasilan yang ia dapat perlu dibagi pada beberapa pos pengeluaran supaya lebih terarah. Apalagi, Ica mempunyai beberapa goals yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

Mulai Bijak Kelola Keuangan

Kepada tim MuslimahDaily, Ica bercerita bahwa dulu ia memisahkan keuangan untuk berbagai kebutuhan ke beberapa rekening. Jadi, ia memiliki rekening khusus untuk kebutuhan rumah dan rekening tabungan pribadi.

“Aku harus lebih bijak untuk menyisihkan penghasilan ke berbagai pos. Apalagi aku saat ini masih punya cita-cita yang ingin dicapai. Memisahkan pos pengeluaran itu sangat penting dan butuh usaha lebih,” ujar Ica.

Seiring berjalannya waktu, Ica merasa bahwa rekening tersebut tidak terlalu menguntungkan baginya. Ia malah kerepotan untuk mengurus beberapa rekening. Belum lagi adanya biaya admin tiap rekening sehingga menyebabkan potongan sana sini.

Namun, sejak ia mengenal aplikasi Jago Syariah, hal tersebut tidak lagi terjadi. Sekarang Ica tidak perlu lagi repot-repot untuk memiliki banyak rekening untuk memisahkan pengeluaran kebutuhannya. Ica mulai membagi keuangannya ke dalam kantong-kantong yang ada di aplikasi Jago Syariah. Dengan begitu, ia jadi lebih mudah untuk mempersonalisasi pengeluarannya sesuai dengan kebutuhan yang ada. 

Kemudahan 40 Kantong

Sebagai informasi, Jago Syariah merupakan layanan digital banking berbasis syariah yang sudah mendapatkan persetujuan dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) untuk solusi keuangan syariah. Aplikasi ini membuat pengelolaan keuangan menjadi mudah, aman, berkah, dan tanpa riba.

Kini, Jago Syariah menerapkan akad Wadiah yad Dhamanah di setiap kantongnya. Artinya, pihak bank diperbolehkan mengelola uang yang dititipkan dengan menerapkan hukum syariat dan akad Wadiah Yad Dhamanah bersifat titipan sehingga bank tidak menjanjikan imbalan. Jago Syariah memiliki fitur unggulan, yaitu “kantong” (pocket) sebagai rekening yang bisa dipersonalisasi guna mempermudah Sahabat Muslimah mengelola keuangan dan kebutuhan finansial di masa depan.

Terdapat 40 kantong rekening berbeda tanpa khawatir adanya riba. Selain itu, Jago Syariah juga memiliki beragam fitur yang memudahkan Sahabat Muslimah untuk bertransaksi. Di Jago Syariah, Sahabat Muslimah bisa membuat perencanaan tabungan sehari-hari dan menjadwalkan pembayaran tagihan, seperti listrik, internet, atau kartu kredit.

“Selain fitur 40 kantong, Jago Syariah juga bebas dari biaya admin dan biaya transfer. Hal itu menjadi faktor aku memilih Jago Syariah sebagai perencanaan keuangan, jadi dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Selain itu, fitur Kantong membantuku lebih mudah mencapai mimpi. Aku punya beberapa kantong sesuai kebutuhan, jadi dananya tidak tercampur,” tutur Ica.

Aplikasi Jago Syariah juga telah terintegrasi dengan ekosistem digital lain, termasuk Gojek, GoPay, dan Bibit. Ica juga menjelaskan bahwa ia sangat menyukai fitur top up e-wallet gratis dari Jago Syariah. Hal itu memudahkannya sebagai anak muda yang lebih memilih transaksi cashless untuk melakukan pembayaran.

Sahabat Muslimah yang juga content creator bisa banget lho seperti Ica dengan mulai pintar dan bijak mengelola keuangan. Tentu Sahabat Muslimah ingin keuangan yang sehat dan berkah, bukan?

Nah, Sahabat Muslimah bisa download Aplikasi Jago melalui link berikut dan cari tahu informasi lebih lanjut tentang Jago Syariah melalui Instagram @jagosyariah atau website Jago Syariah agar kamu makin selangkah lebih jago mencapai mimpimu.

Tak hanya itu, Sahabat Muslimah juga bisa bergabung dengan komunitas Muslimahdaily untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kemuslimahan. Yuk, #SelangkahLebihJago atur keuangan agar kondisi finansial semakin sehat!

Last modified on Selasa, 05 Juli 2022 16:01

Leave a Comment