Strategi Jitu Persiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah tentu sudah tahu bahwa pendidikan menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan. Maka, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan sekolah yang berkualitas. Sayangnya, setiap tahun biaya pendidikan selalu mengalami peningkatan.

Sebagai orang tua, tentu kita harus mempersiapkan dana dengan matang agar anak bisa mendapatkan pendidikan berkualitas dan terjamin. Namun, seringkali  orang tua menghadapi berbagai tantangan, salah satunya ketika dana pendidikan tercampur dengan kebutuhan lain. Maka, dibutuhkan strategi keuangan yang baik agar tujuan pendidikan bisa tercapai.

Lain halnya dengan Ellga Yuthysa, member MuslimahDaily Community sekaligus ibu rumah tangga berusia 32 tahun ini memiliki dua orang anak yang jarak usianya berdekatan. Saat ini, Ellga tengah menekuni bidang social media sebagai influencer parenting di Instagram dan content creator mukbang di salah satu platform video pendek.

Bukan tanpa alasan, side job yang ia jalani sebagai seorang content creator bertujuan untuk membantu perekonomian rumah tangga supaya bisa memberikan kontribusi bagi keluarga. Lebih lanjut, salah satu mimpi Ellga adalah memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Adapun persiapan yang Ellga lakukan  adalah dengan menabung rutin setiap bulannya bersama suami untuk dana pendidikan. Anggaran yang ia tabung biasanya sudah disesuaikan dengan pemasukan bulanan. Rutinitas menabung itu sudah Ellga dan suami lakukan kurang lebih dua tahun belakang ini.

Tidak hanya itu, Ellga dan suami juga rutin mencari informasi seputar pendidikan untuk sang buah hati. Ia ingin anak-anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas namun dengan budget yang sesuai.

Tantangan Mengelola Keuangan Bersama Suami

Selama mengatur keuangan, Ellga dan suami merasa tidak terlalu sulit karena sudah sepakat untuk hidup dengan sederhana tanpa terpengaruh gaya hidup di lingkungan sekitar. Mereka berdua juga selalu berusaha agar pengeluaran tidak jauh lebih besar dari pendapatan bulanan.

“Suatu waktu kami memiliki kebutuhan yang urgent. Kami butuh tambahan motor untuk permudah antar jemput anak sekolah. Namun di waktu bersamaan, tabungan kami hanya cukup untuk membayar biaya sekolah,” tutur Ellga.

Hingga akhirnya, Ellga dan suami mencari cara agar semua kebutuhan bisa tetap sesuai budget. Oleh karena itu, keduanya memutuskan untuk menentukan skala prioritas dan sangat menekan keinginan yang masih bisa ditunda.

Merencanakan Biaya Pendidikan

Dengan persiapan yang matang, akhirnya Ellga memutuskan untuk menyekolahkan kedua anaknya di satu yayasan yang sama. Anak pertama Ellga, yaitu perempuan berusia 6 tahun dan anak keduanya laki-laki berusia 4 tahun. Saat sang kakak masuk sekolah dasar, sang adik masuk ke taman kanak-kanak.

“Kita sepakat untuk menyekolahkan anak di SD swasta yang pastinya akan jauh berbeda biayanya daripada SD negeri. Ditambah lagi jarak anak pertama dan kedua lumayan berdekatan. Saat kakaknya masuk SD, adiknya akan masuk TK,” jelas Ellga kepada tim MuslimahDaily.

Hal itu Ellga lakukan karena beberapa alasan. Pertama agar bisa lebih hemat dalam biaya antar jemput anak, jadi tidak perlu memakai jasa antar jemput sekolah. Kedua, ternyata ada potongan biaya masuk sekolah dasar jika dari yayasan yang sama.

Melihat pengalaman yang Ellga bagikan, Sahabat Muslimah bisa belajar bahwa butuh strategi cerdas untuk bisa mengelola biaya pendidikan anak. Ternyata, selama proses menabung dan menyiapkan strategi dana pendidikan anak, Ellga menggunakan suatu aplikasi yang sangat memudahkan dirinya dalam mengatur keuangan. Ya, aplikasi tersebut adalah Jago Syariah.

Jago Syariah merupakan layanan bank digital berbasis syariah dari PT Bank Jago Tbk. Aplikasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI)  sebagai solusi keuangan finansial syariah.

Dengan adanya jago syariah, pengelolaan keuangan akan menjadi lebih mudah, aman, berkah, dan tanpa riba. Selain itu, Jago Syariah sudah menerapkan akad Wadiah yad Dhamanah di setiap kantongnya.

Itu artinya, pihak bank diperbolehkan mengelola uang yang dititipkan dengan menerapkan hukum syariat. Adapun akad Wadiah Yad Dhamanah yang bersifat titipan sehingga bank tidak menjanjikan imbalan.

Seperti layanan bank konvensionalnya, yaitu Bank Jago, fitur-fitur keuangan pada Jago Syariah terbilang komplit dengan penggunaan yang mudah dan canggih seperti aplikasi Jago konvensional.

“Jujur aku baru tahu aplikasi jago syariah dan bisa merasakan manfaatnya sendiri untuk mempermudah mengatur biaya anggaran pendidikan anak dengan jarak yang berdekatan,” tutur Ellga.

Selama proses menabung untuk dana pendidikan, Ellga lebih sering memilih bank syariah seperti Jago Syariah karena akadnya sudah jelas. Tak hanya itu saja, Menurut Ellga menabung di bank syariah juga memberikan keuntungan yang lebih terjamin karena menggunakan prinsip Islam sehingga lebih berkah.

Manfaatkan Fitur Kantong

Sebelum mengenal Jago Syariah, Ellga selalu menuliskan pemasukan dan pengeluaran keuangannya secara manual di notes handphone. Bukan malah memudahkan, catatan tersebut seringkali terhapus sehingga Ellga harus merencanakan dari ulang.

Sejak ada aplikasi Jago Syariah, Ellga merasa terbantu dengan fitur-fitur yang ada. Salah satunya ia bisa membuat  40 kantong (rekening) sekaligus dalam satu Bank saja. Sebelumnya Ellga memiliki banyak rekening bank sehingga agak sulit untuk memonitornya. Fitur kantong Jago Syariah bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat Muslimah. Ada pula fitur auto save (terkunci) untuk dana pendidikan supaya nasabah lebih disiplin mengatur keuangan.

Tidak hanya membuat kantong khusus pendidikan anak saja, Ellga juga membuat kantong untuk membayar kebutuhan sehari-hari, seperti tagihan listrik, belanja bulanan, tabungan untuk umroh, sedekah, sampai self reward. Bahkan, Sahabat Muslimah juga bisa mengatur target dan tujuan menabung sehingga lebih mudah memantau progress tabungannya.

Selain itu,  Ellga juga bisa membuat kantong bersama, salah satu fitur yang memudahkan untuk berkolaborasi menabung  bersama dengan suami. “Fitur kantong bersama lebih memudahkan aku dan suami untuk mengatur keuangan bersama, misalnya bisa untuk biaya pendidikan anak ataupun biaya umroh, dan yang paling terpenting Jago Syariah pakai akad wadiah. Jadi, insya Allah lebih berkah,” kata Ellga.

 

Bukan hanya Ellga, para orang tua di luar sana juga harus bisa dengan cermat merencanakan dana pendidikan anak. Tentu Sahabat Muslimah ingin memberikan yang terbaik kepada anak-anak, bukan?

Jika ingin seperti Ellga, Sahabat Muslimah bisa langsung download Aplikasi Jago Syariah melalui link di sini. Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Muslimah bisa follow Instagram @jagosyariah dan cek website Jago Syariah supaya bisa selangkah lebih jago persiapkan strategi pendidikan anak.

Sahabat Muslimah juga bisa join komunitas Muslimahdaily untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kemuslimahan. Mulai sekarang, mari persiapkan strategi keuangan agar lebih siap dan #SelangkahLebihJago dalam memberikan pendidikan bagi anak.

 

Last modified on Selasa, 05 Juli 2022 16:00

Leave a Comment