Kolaborasi Atur Uang Bareng Pasangan, Lebih Cepat Capai Target Keuangan Rumah Tangga

Kak Karin dan Suami Kak Karin dan Suami ( Foto : dok.istimewa )

Muslimahdaily - Mengurus keuangan dalam rumah tangga membutuhkan tantangan tersendiri dan perlu kerjasama yang kuat dengan pasangan. Tanpa adanya kerjasama yang kuat, hal tersebut bisa memicu terjadinya masalah. Bahkan, masalah tersebut bisa saja berujung pada pertengkaran dengan pasangan.

Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat Muslimah bisa mencoba untuk mulai mengkomunikasikan urusan keuangan dan mulai mengatur keuangan bersama pasangan. Menabung bersama pasangan juga bisa menjadi simbol komitmen suami istri untuk mewujudkan impian bersama atau menunjang kebutuhan di masa depan.

Menabung dengan pasangan juga bisa jadi pilihan karena memiliki banyak manfaat. Bahkan, ada, loh, salah satu Sahabat Muslimah yang berhasil mengelola keuangan dengan nabung rutin bareng pasangan.
Salah satu Sahabat Muslimah yang telah berhasil membuktikan manfaat nyata menabung dengan pasangan adalah Karina Juli Car. Ibu rumah tangga berusia 27 tahun yang juga berprofesi sebagai part time content creator ini punya trik tersendiri untuk bisa bersama-sama mengatur keuangan dengan sang suami.

Lalu bagaimana cara perempuan yang akrab disapa Karin ini mengatur keuangan bersama pasangan?

Menabung Bersama Pasangan

Saat sesi wawancara dengan tim Muslimah Daily, Karin mengatakan bahwa ia dan suami memang masih menunggu untuk dikaruniai buah hati sehingga belum memiliki banyak tanggungan. Akan tetapi, mereka tetap menyisihkan sebagian uang untuk mempersiapkan kehadiran buah hati yang mereka nantikan.

“Kebetulan aku dan suami masih menunggu untuk dikaruniai buah hati. Jadi, kami belum ada tanggungan untuk beli susu, pampers, biaya sekolah dan lain-lain,” ucap dia.

“Tetapi kami tetap menyisihkan tabungan masa depan dengan rutin berinvestasi reksa dana untuk persiapan ketika kami dikaruniai buah hati nantinya,” tambahnya.

Karin dan suami yang sama-sama bekerja sebagai karyawan swasta memiliki komitmen untuk menabung bersama. Di keluarga kecilnya itu, Karin lah yang bertugas sebagai bendahara untuk mengatur urusan keuangan. Jadi, setiap bulan suaminya secara rutin mentransfer seluruh gajinya rekening Karin.

“Untuk mengatur keuangan, aku yang menjadi bendaharanya. Jadi, suami rutin mentransfer seluruh gajinya ke rekeningku setelah gajian,” ungkapnya.

Target Keuangan Bersama

Menabung bersama pasangan tak hanya membuat hubungan semakin terbuka dan harmonis sekaligus memelihara komitmen. Di sisi lain, menabung bersama pasangan juga membantu mempermudah mencapai target keuangan tertentu.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Karin dan sang suami. Karin dan suami pun memiliki target keuangan yang ingin dicapai dalam beberapa waktu ke depan. Ia bahkan telah memberikan tenggat waktu tersendiri untuk tiap target yang ingin dicapainya. Hal ini dilakukan agar ia dan suami lebih disiplin dalam menabung.

“Target keuangan yang ingin aku dan suami capai itu ada tiga. Setahun kedepan aku dan suami ingin bisa berkurban, dua tahun ke depan kami ingin bisa merenovasi rumah pemberian orang tua suami yang kebetulan sudah kami tempati, dan tiga sampai lima tahun ke depan aku ingin umroh bareng suami,” ungkap dia.

Aplikasi untuk Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

Dalam mengelola keuangan, Karin menggunakan cara tersendiri. Ia memanfaatkan Jago Syariah yang sangat mempermudah dirinya dalam mengatur pos keuangan rumah tangga. Selain memiliki fitur 40 kantong yang mempermudah mengatur pos pengeluaran bulanan, Karin juga bisa mengundang suami untuk melihat progres tabungan dan ikut menabung di Kantong Bersama.

“Semenjak kenal Jago syariah membantu sekali mengelola keuangan dengan setiap fitur di dalamnya,” ucap Karin.

Jago Syariah merupakan bank digital syariah dengan fitur lengkap dan ekosistem yang kuat seperti Gojek dan Bibit. Kepada tim Muslimah Daily, Karin bercerita bahwa setiap dirinya menerima gaji dari suami, ia selalu langsung memasukkannya ke dalam kantong-kantong yang dibuatnya untuk biaya operasional dan groceries setiap bulannya. Selain itu, Karin juga menyisihkan uang untuk tagihan listrik, air, kebersihan, dan sejenisnya.

“Jago syariah juga bisa membantu aku dan suami yang sering menggunakan Gopay, seperti naik gojek, order Go Food, agar lebih hemat biaya top upnya,” tambah dia.

Untuk mencapai target keuangan bersama, Karin rutin berinvestasi reksa dana melalui Bibit. Salah satu keuntungan menggunakan Jago Syariah yang telah terhubung ke Bibit adalah Karin bisamenggunakan fitur auto debet supaya tujuan keuangannya pelan-pelan bisa tercapai.

Selain itu, Jago Syariah juga memungkinkan pengguna untuk saling berkolaborasi dalam mengatur keuangan.Fitur Kantong Bersama membuat Karin merasa sangat terbantu, di mana ia dan suami menabung bersama untuk liburan sehingga mengganggu biaya operasional dan groceries bulanan.

“Menurut aku dan suami, liburan itu bukan prioritas utama. Jadi, kami buat kantong nabung dan menyisihkannya ketika ada lebih dari biaya yang telah kami keluarkan per bulan,” ucapnya.

“Enaknya, pakai fitur kantong bersama ini transparan banget. Jadi, bisa keliatan alur masuk dan keluar uangnya. Ini merupakan solusi cerdas untuk mengatur keuangan rumah tangga,” tambah Karin.

Fitur Kantong Bersama dari Jago Syariah adalah tabungan dengan lebih dari satu anggota di dalamnya. Sahabat Muslimah bisa membuat Kantong Bersama menjadi Pemilik kantong tersebut atau bergabung ke Kantong pengguna lain untuk berkolaborasi menabung di dalamnya. Di dalam Kantong Bersama, semua dapat melihat aktivitas di dalam Kantong, termasuk menambahkan dan menarik uang dari dalam Kantong. Semua aktivitas bersifat transparan dan bisa mengurangi miskomunikasi dengan pasangan.

Untuk pengelolaan yang lebih baik dan berkah, Sahabat Muslimah bisa membuka akun rekening Jago Syariah di sini. Informasi lengkap mengenai Jago Syariah dan tips berkah mengatur keuangan bisa Sahabat Muslimah lihat melalui Instagram @jagosyariah dan website Bank Jago - Sekarang Kamu Bisa Punya Akun Jago Syariah.

Last modified on Jumat, 11 November 2022 10:38

Leave a Comment