Inilah Wanita yang Layak Diperjuangkan Menjadi Istri

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Para pria memiliki pilihan tentang siapa yang akan menjadi pendamping hidup mereka. Jumlah wanita sangat banyak di dunia ini, namun pria hanya akan memperjuangkan wanita yang memiliki kriteria idaman. Berikut lima karakter yang membuat wanita layak diperjuangkan menjadi istri.

1.Paham Agama

Wanita yang beragama tidaklah hanya berlabelkan Islam sebagai identitas diri, bukan pula karena ia berhijab rapi. Wanita beragama ialah mereka yang menjalani seluruh aspek kehidupannya secara Islami atau berlandaskan syariat Allah dan sunah Rasulullah. Wanita seperti ini pastilah menjadi idaman setiap pria karena disebut dalam hadits sebagai keberuntungan.

Rasulullah bersabda, “Wanita itu dinikahi karena empat perkara yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang punya agama, niscaya engkau akan beruntung.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2.Shalihah

Tak hanya beragama baik, lebih dari itu, wanita shalihah akan digandrungi setiap pria yang pastilah menginginkan rumah tangga bahagia dunia dan akhirat. Pasalnya, wanita shalihah adalah perhiasan dunia sekaligus penolong pria menuju surga. 

Dari Ibnu Amr, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim). 

Hadits lain dikabarkan Umar bin Khattab, beliau bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, harta apakah yang sebaiknya kita miliki?”  Rasulullah menjawab, “Hendaklah salah seorang dari kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang senantiasa berzikir dan istri mukminah yang akan menolongmu dalam perkara akhirat.” (HR. Ibnu Majah).

3.Penyayang

Sifat penyayang menjadi pesona unggul seorang wanita. Dengan sifat tersebut, wanita akan menjadi peneduh pria di saat lelah dan mendidik anak dengan kelembutannnya. Karenanyalah sifat penyayang disebut dalam banyak hadits sebagai karakter istri yang patut dicari oleh para pria.

Rasulullah bersabda, “Maukah kuberi tahukan kepada kalian, bahwa istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata, “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An Nasai).

4.Pandai Bersyukur 

Wanita yang banyak maunya tak disukai pria karena akan menyulitkan mereka. Menikah adalah hidup selamanya, baik dalam suka maupun duka, dalam senang maupun susah. 

Wanita yang manja dan memiliki banyak keinginan akan menjadi masalah dalam rumah tangga. Oleh karena itu, wanita yang pandai bersyukur merupakan idaman para pria. Tak hanya itu, wanita yang selalu bersyukur pula akan selamat dari nyala api neraka.

Nabiyullah Shallallahu‘alaihi wa sallam pernah memberi nasihat pada kaum hawa. Beliau bersabda, “Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.”Seorang wanita kemudian bertanya, “Apakah mereka kufur kepada Allah?”

Rasulullah menjawab, “Mereka mengkufuri (tidak mensyukuri) suami dan kebaikannya. Seandainya salah seorang dari suami berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian istri melihat pada suaminya sesuatu (yang tidak menyenangkan hati), dia (istri) berkata, ‘Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

5.Mampu Menjaga Diri

Menjaga diri dalam hal ini yakni bukan pandai berkelahi ataupun sekedar memakai hijab syar’i. Sifat menjaga diri wanita maksudnya, ia mampu memegang amanah suami, menjaga diri dari perbuatan maksiat, melindungi dan mendidik anak-anak di rumah, tidak sembrono mengeluarkan harta, dan lain sebagainya. 

Wanita yang mampu menjaga diri maka mampu menjadi wakil kepala rumah tangga saat suai pergi. Ia mampu menjalankan bahtera rumah tangga di atas jalur agama yang lurus, meski sang nakhoda tengah pergi.

Nabi Muhammad bersabda kepada para sahabat beliau, “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud).

Inilah lima karakter wanita yang menjadi idaman pria dan patut diperjuangkan menjadi istri. Bagi pria, karakter ini menjadi pertimbangan utama dalam mencari calon istri. Bagi wanita, lima sifat ini hendaknya berusaha untuk dimiliki dan menjadi motivasi meningkatkan kualitas diri.

Leave a Comment