Menikah Tapi Belum Mapan ? Ini 5 Keuntungannya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menikah adalah suatu fase dimana dua manusia memutuskan untuk hidup bersama dalam akad (janji) dan tanggung jawab, dengan berasaskan hukum agama . Menikah merupakan salah satu perintah Allah bagi hambaNya dan menjadi salah satu bentuk ibadah kepada Allah.

Pernikahan bukan hanya sebatas melaksanakan akad, tetapi bagaiman menjalankan kewajiban-kewajiban dan hak-hak yang harus dipenuhi setelahnya.
Akhir-akhir ini di Indonesia sedang marak fenomena menikah muda. Hal tersebut banyak sekali menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang berpendapat “mau dikasih makan apa istrinya kalau belum kerja?” tapi disamping itu ada juga yang mendukung “daripada memperpanjang maksiat, mending menikah jika memang sudah siap”. Semua orang mempunyai persepsinya masing-masing. Jika sudah terjadi, memulai pernikahan dari nol sebenarnya memiliki beberapa keuntungan, diantaranya,

1.Indahnya Berjuang Bersama

Ketika memutuskan untuk hidup bersama dari nol, suami dan istri akan berusaha berjuang bersama sampai pada nilai 100. Susah senang dialalui bersama, Hidupmu tidak mungkin selamanya mulus. Tantangan, hambatan, dan rintangan pasti selalu mengiringi perjalanan hidupmu. Begitupun dengan pernikahanmu, kamu tidak akan bisa menolak kerumitan-kerumitan yang mungkin menghampiri rumah tanggamu. Ketika pasangan bisa melalui rintangan bersama dalam rumah tangga, maka mental bertahan hidup dan tak mudah menyerah akan terbentuk, menciptakan rasa saling menguatkan satu sama lain.

2.Belajar Sederhana

Memulai pernikahan dari nol mengajarkan kita untuk pintar dalam mengelola uang. Rasanya menghabiskan uang untuk hal-hal yang tak jelas menjadi permasalahan penting.

3.Semangat dalam Mengurus Rumah Tangga

Usia muda merupakan usia dimana rasa semangat masih ada dalam jiwa. Ketika dalam usia muda, orang tua akan lebih semangat dalam mendidik dan mengurus anaknya. Bagi seorang wanita, ia akan mencari dan belajar sebanyak-banyaknya untuk bekal mengurus anak dan suaminya.

4. Menunjukan Cinta yang Sesungguhnya

Betapa indahnya ketika berproses ada istri yang selalu memberikan semangat. Dia yang mau menemani dari tak punya apa-apa sampai berkecukupan. Menunjukan cinta yang tulus, yang bersedia mencintai dan dicintai dalam kondisi apapun. Memulai pernikahan dari nol menunjukan betapa harta tak berarti tanpa adanya cinta.

5.Menikmati Sebuah Proses

Proses tidak akan menghianati hasil. Kehidupan rumah tangga merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh pasangan suami istri. Episode hidup yang selalu bisa kau nikmati. Ada kebanggaan tersendiri ketika kau berhasil menapaki sedikit demi sedikit anak tangga kehidupan menuju hidup yang lebih baik. Bukan melulu soal materi, tapi juga kualitas dirimu, prosesmu mengubah perangai kerasmu menjadi sosok ayah yang penyayang, atau sikap pemarahmu menjadi sifat sabar ketika kau harus mendidik keluargamu.

Serahkan semuanya pada Allah, percaya bahwa Allah telah mengatur semuanya dengan baik. Namun, berserah saja tidak cukup. Semua harus dibarengi dengan ikhtiar yang kuat. Mencari berbagai peluang rezeki akan menjadi hal yang efektif bagi pasangan yang ingin menikah memulai dari nol. Jangan pernah menunggu rezeki datang, tapi jemputlah rezekimu.

Pergunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya, jangan sampai setelah menikah kamu menjadi kurang produktif dan bermalas-malasan. Ingat selalu bahwa sudah ada amanah baru dalam kehidupanmu. Bagi calon istri, belajarlah untuk memanage waktu, kapan waktu diluar dan kewajiban di dalam rumah dipenuhi. Segala sesuatu yang dimulai dengan baik Insya Allah akan berakhir baik pula.

Last modified on Rabu, 07 Jun 2017 15:16

Leave a Comment