Dear Calon Pengantin! Ikuti 6 Cara Positif Atasi Cemas Jelang Pernikahan

By August 26, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menghadapi momen istimewa yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup, tentu saja siapapun bakal merasa cemas dan gugup. Tak jarang, perencanaan pernikahan membuat pikiran jadi penuh tekanan, terutama bila sudah berbicara tentang keuangan. Entah perayaan yang mewah atau hanya tasyakuran sederhana, yang jelas setiap pesta pernikahan pasti akan membutuhkan persiapan yang bisa memicu stres para calon pengantin.

Tanpa disadari terkadang stres membuat pengantin jadi tidak fokus, kelelahan, dan mudah jatuh sakit. Nah, kondisi tidak menyenangkan ini masih bisa diatasi jika stres diatasi secepatnya. Tapi, bagaimana caranya? Jangan khawatir, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti. Simak baik – baik yuk!

1.Beristirahat secukupnya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah atur waktu istirahat yang cukup. Matikan TV, simpan smartphone dan tutup laptop, atau detoks digital, minimal 20 menit setiap hari. Selama jeda waktu ini, kamu bisa bersantai untuk relaksasi dan menenangkan pikiran.

Misalnya, berendam air hangat, spa atau pijat refleksi, atau berjalan – jalan di udara terbuka. Jika kamu bisa menjernihkan pikiran, kamu akan mengembalikan energi dan fokus dengan lebih mudah.

2.Jalan-jalan ke luar rumah

Meski sepele, tapi ini sangat penting untuk menjernihkan pikiran yang sedang stres. Dalam jangka panjang, jalan – jalan ringan ke luar rumah bisa memberikan dampak besar pada kesehatan keseluruhan. Selain melatih fisik dan otot, pikiran juga lebih segar dan jernih. Bisa dibilang, jalan – jalan adalah olahraga yang mudah, murah, dan sangat efektif.

3.Coba Aplikasi Mindfulness

Aplikasi mindfulness sangat populer dan sedang tren saat ini. Pengguna dapat lebih terbantu untuk melakukan kebiasaan – kebiasaan sehat agar lebih fokus menghadapi hari pernikahan. Aplikasi ini juga dapat membantu mengistirahatkan pikiran dan me-restart tubuh agar lebih rileks sekalipun ketika kamu sedang sibuk.

4.Batasi Media Sosial

Di saat stres, kamu mungkin tergoda untuk bermain media sosial dan terhubung dengan banyak teman. Tetapi, cobalah untuk realistis, apakah media sosial benar – benar bisa membantu atau justru membuat kamu semakin stres?

Ada banyak gambar, video dan sumber yang membuat pernikahanmu tampak sempurna dan indah, tetapi hal ini tidak sesuai ekspektasi dan harapan. Dunia maya bukan kenyataan yang justru bisa membuat makin stres.

5.Merapikan barang

Ketika stres melanda, beres – beres atau merapikan rumah, bisa menjadi terapi psikis yang sangat efektif. Menyapu atau mengepel lantai, merapikan rak buku dan lemari pakaian, atau membersihkan halaman rumah, akan membuat kamu merasa telah menyelesaikan sesuatu dan memberikan kepuasan batin.

Terkadang, kamu hanya perlu merapikan sesuatu yang tak ada hubungannya sama sekali dengan pernikahan. Hal ini akan membuatmu bisa merancang pernikahan dengan kepala jernih.

6.Delegasikan dan Minta Bantuan

Hanya karena ini pernikahan impianmu seumur hidup, bukan berarti semua harus kamu selesaikan sendiri. Mintalah bantuan orang lain dan delegasikan tugas – tugas yang akan membuat perencanaan pernikahan lebih mudah.

Ingat, keluarga, saudara atau teman pasti juga ingin mewujudkan pernikahan impianmu yang bahagia. Berikan beberapa tugas kepada para pengiring pengantin atau saudara agar persiapan pernikahan berjalan lebih mulus dan tepat waktu.

Nah, daripada stres sendiri memikirkan pernikahan, cobalah untuk menarik napas panjang dan coba merawat dirimu sendiri. Biarkan dirimu beristirahat agar ketika melangkah ke pelaminan, kamu adalah dirimu sendiri yang fokus dan siap menjadi istri tercantik dengan senyum bahagia. Happy wedding!

Last modified on Monday, 26 August 2019 15:09

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama