Self-Care dengan Melakukan ‘Me Time’ Untuk Hubungan yang Lebih Baik

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kesibukan yang datang terus menerus dalam hidup, terkadang membuat kita sulit menemukan waktu untuk diri sendiri. Begitupun ketika kita sudah memilih untuk hidup bersama pasangan, waktu sendiri menjadi hal yang langka.

Layaknya sebuah hubungan, pasti ada masa saat kita akan merasa bosan dan jenuh dengan kehidupan bersama pasangan. Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi salah satu penyebab ketidakharmonisan rumah tangga. Oleh karena itu kita harus terus memperbaikinya.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan ‘Me Time’ atau waktu luang untuk diri sendiri.  Dengan memperkuat  hubungan dengan diri sendiri maka akan tercipta hubungan “kita” yang lebih kuat juga.

Mengapa ‘Me Time’ itu Penting?

Sama seperti menghargai milik orang lain, kamu juga harus memenuhi kebutuhan pribadi. Jangan sampai waktumu terbuang habis hanya untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuatmu seperti menghirup udara segar dan tentunya memiliki efek positif untuk kesejahterannmu. Jika kamu tidak bahagia, bagaimana bisa membuat pasanganmu bahagia? Pasti akan sulit. Jadi, bahagiakan dirimu terlebih dulu ya.

Banyak orang yang tak sadar telah meninggalkan lingkungan support system dan hobinya begitu saja ketika mereka menikah. Namun tanpa disadari, hal ini nyatanya berdampak pada kualitas hubungan dengan pasangan. Sangat penting untuk mengintegrasikan antara kebahagiaan menjadi pasangan dengan hal yang membuatmu bahagia. Kuncinya adalah mencari dan menemukan keseimbangan antara waktu dengan pasangan dan waktu untuk dirimu sendiri. Keseimbangan ini dapat membantu hubungan berkembang dan lebih hangat.

Ketika kamu memutuskan untuk memulai perjalanan bersama bukan berarti kamu harus melakukan semuanya bersama. Akan lebih baik dan sehat jika masing-masing bisa menemukan sumber energi dari dalam dirinya sendiri. Maka ketika energimu sudah terisi penuh, kamu akan dapat saling membantu menghadapi masa-masa sulit.

Tantangan saat akan ‘Me Time’

Mecari waktu untuk sendiri akan menjadi sangat menantang jika kamu dalam hubungan yang saling bergantung, di mana satu pasangan memiliki kontrol yang terbatas atau kamu memiliki pasangan yang suka mengendalikan atau menuntut. Jika kamu merasa bersalah atau pasanganmu menjadi marah ketika kamu melakukan ‘Me Time’ coba periksa lagi hubunganmu dengan bijaksana. Kamu dapat membicarakannya dengan baik, berdiskusi dan menghargai pendapatnya.

Melakukan ‘Me Time’ dengan Tetap Menghargai ‘We Time’

Membuat ruang untuk sendiri bukan berarti kamu keluar atau menghindari hubunganmu, lho. Waktu sendiri tidak boleh digunakan sebagai metode pelarian dari percakapan yang sulit atau masalah yang muncul dalam hubungan. Jika kamu menggunakan alasan ‘Me Time’ untuk melarikan diri, maka hal ini bisa menjadi pertanda kebiasaanmu lari dari masalah. Hal ini hanya akan meninggalkan masalah yang tak terselesaikan dan membuatmu tidak tenang.

‘Me Time’ yang baik adalah ketika kamu bisa melakukannya dengan tidak membahayakan dan mengganggu hubungan atau menimbulkan ketidakpercayaan dari pasangan. Justru waktu sendiri sebaiknya dilakukan untuk membuat kamu terhubung kembali dengan dirimu sendiri dan mempererat hubungan dengan pasangan.

Lalu Bagaimana Caranya Membuat ‘Me Time’?

Pertama kamu harus membuat jadwal ‘Me Time’-mu sendiri. Anggaplah waktu untuk memanjakan diri ini adalah hal yang penting sama seperti hari ulang tahun pernikahanmu. Jadwalkan di kalendermu dan jadikan pengingat bahwa itu adalah rencana yang sangat penting dilakukan.

Ketika kamu hidup bersama pasangan, mencari waktu untuk sendiri akan terasa sangat menantang. Cobalah bicara dengan pasanganmu dan cari cara untuk menyisakan tempat untuk fisik dan mentalmu melakukan hal yang kamu senangi.

Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan saat membutuhkan ‘Me Time’:

- Jalan-jalan atau lari kecil di sekitar rumah

- Rencanakan bertemu dengan teman

- Melakukan treatment di salon

- Workout di rumah

- Pergi ke bioskop atau museum

- Belanja kebutuhan rumah

- Rencanakan konseling individu untuk lebih mempelajari diri sendiri

- Menonton tv series

- Minum teh atau kopi sambil membaca buku di rumah

Kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka dan ingin lakukan, tapi perlu diingat hal ini harus tetap dikomunikasikann dengan pasangan ya. Niatkan ‘Me Time’untuk menjadikan hubungan lebih baik, bukan untuk lari dari masalah. Selamat ‘Me Time’!