7 Tanda Kamu Sudah Siap Menjalin Hubungan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memberanikan diri untuk membuka hati dan memutuskan untuk menjalin hubungan itu lebih dari sekadar mengganti status, posting foto di media sosial lalu kasmaran pada hal-hal romantis, lho. Di balik foto-foto romantis, pasti ada banyak hal yang terjadi seperti pertengkaran, salahpaham dan lainnya. Mungkin memang tidak semua orang memperlihatkannya, tapi itu cukup membuktikan bahwa menjalin hubungan tidak hanya tentang bahagia, romansa dan rasa menggelitik di perut.

Berikut ini 7 tanda bahwa kamu siap menjalani hubungan:

1. Bukan mencari seseorang untuk melengkapi

Banyak orang yang memutuskan untuk menjalin hubungan dengan harapan untuk menyelesaikan masalahnya atau terpengaruh oleh beberapa faktor, seperti kesepian dan tekanan sosial. Sebaiknya kamu melengkapi kekuranganmu dengan mengenal lebih jauh dirimu sendiri, mengakui dan menerima dengan tulus. Jika kamu benar-benar ingin menjalin hubungan karena kamu dengan tulus melihat masa depan pada pasangan, maka kamu sudah siap.

2. Memahami pentingnya komunikasi yang terbuka

Komunikasi yang baik antar pasangan merupakan dasar dari hubungan yang sehat. Bukan berarti tidak berargumen atau bebas dari konflik, tapi lebih ke kesediaan dua pihak untuk mencari solusi dengan terbuka dan jujur. Menjadi pendengar yang baik dan mampu menyampaikan pendapat secara langsung dengan tidak memendamnya sendiri, berarti kamu berpotensi menjadi pasangan yang baik.

3. Sudah move on dari masa lalu

Sebagian orang cenderung mencari pasangan baru terlalu cepat untuk menyembuhkan patah hatinya di masa lalu yang belum selesai. Hal ini justru tidak sehat dan akan mengacu pada masalah baru yang menyakiti orang lain. Bukankah menjengkelkan jika bersama orang yang masih membicarakan mantannya setiap waktu? Nah, jika hatimu sudah benar-benar sembuh dari patah hati yang terakhir, kamu baru bisa mempertimbangkan untuk mulai menjalin hubungan lagi.

4. Kamu dapat menerima dan mencintai diri sendiri

Hal terbaik saat kamu single adalah terus belajar mengembangkan diri lebih baik. Mampu mengatasi masalah sendiri dan menerima kekurangan dan kelemahanmu, kamu akan cenderung terlibat dalam hubungan yang toxic. Seringkali orang bertahan terlalu lama pada pasangannya yang toxic karena mereka takut kehilangan dan tidak menemukan orang lain sebaik pasangannya. Pemikiran seperti ini menandakan bahwa kamu tidak siap menjalin hubungan, karena itu sebagai bentuk kamu tidak menyayangi dirimu sendiri yang berada dalam hubungan yang toxic, dan merasa bergantung pada pasangan.

5. Memiliki pengalaman yang diinginkan

Segala ambisimu telah mengarahkanmu dalam menciptakan pengalaman yang menarik dan tak terlupakan. Karena kamu sudah memenuhi tujuanmu, kamu mulai berpikir untuk berbagi hal tersebut dengan seseorang di sisimu. Ini normal, jadi fokuslah untuk tidak lupa menemukan seseorang yang juga berambisi menggapai mimpi dalam hidup sama sepertimu.

6. Kesadaran mempertahankan hubungan

Suatu hubungan butuh usaha yang keras untuk terus mempertahankannya dalam jangka panjang. Adanya kesadaran bahwa hubungan yang baik dibutuhkan evaluasi diri sendiri yang konsisten dan motivasi menandakan kamu siap menjalin hubungan.

7. Kamu siap menjalani hidup dengan seseorang

Menjalin hubungan dengan seseorang berarti kamu telah mengijinkannya masuk ke dalam kehidupanmu. Mulai saling mengenal dan akan mempengaruhi sebagian dari hidupmu. Kamu memberi ruang untuknya dan mulai terbuka pada kemungkinan adanya perubahan. Kamu mengerti bahwa ada beberapa hal yang kadang tidak sesuai dengan yang kamu mau, kamu tidak terbuai dengan kesempurnaan dan sadar bahwa kompromi adalah kunci utama dalam setiap hubungan. Kamu membuat pengorbanan dan bersedia bertemu di tengah untuk saling mencintai, tumbuh bersama dan membuat momen terbaik bersama pasangan.

Sumber: YouTube Psych2Go

 

Leave a Comment