11 Cara yang Buat Kamu Semakin Dekat dengan Keluarga Besar Pasangan

By February 3, 2020 0
ilustrasi ilustrasi pexels.com

Muslimahdaily - Ketika kamu memutuskan untuk menikah dengan seseorang, maka kamu harus bisa menerima pasangan beserta keluarga besarnya. Karena pernikahan sejatinya bukan hanya antara aku dan kamu. Tetapi cakupannya akan menjadi lebih luas, seolah mengawinkan dua keluarga dengan latar belakang yang berbeda.

Penerimaan ini tentunya merupakan proses yang harus dilalui. Ada kalanya kamu merasa canggung, namun ada baiknya kamu bisa menyesuaikan dan ikut berbaur dengan keluarganya.

Berikut Isadora Baum, CHC, seorang pelatih kesehatan bersertifikat memberikan 11 tips untuk bisa dekat dengan keluarga besar pasanganmu:

1. Jangan Memaksa Diri

Pertemuan pertama adalah saat penting untuk menciptakan first impression pada keluarga besar. Namun, jangan terlalu memaksa dirimu untuk saat itu juga akrab dengan mereka atau berharap menjadi pusat perhatian. Kamu bisa melakukannya dengan perlahan. Bersikaplah ramah dan baik serta bijak, maka waktu semakin lama akan mendekatkanmu.

2. Sadari Pentingnya Keluarga Bagi Pasanganmu

Sebelum berusaha untuk dekat dengan keluarga besarnya, kamu bisa mencari tahu kapan ia rutin mengadakan pertemuan dengan keluarga. Setelah mengetahui, kamu bisa menyesuaikan waktumu dengan pertemuan keluarganya.

3. Ajukan Pertanyaan

Seperti kita tahu bahwa orang akan senang jika diajak untuk menceritakan tentang dirinya. Trik ini bisa kamu lakukan saat mencoba dekat dengan keluarga besar pasanganmu. Ungkapkan pada salah satu anggota keluarganya bahwa kamu tertarik untuk mengenal mereka lebih dalam. Tanyakan apa kegiatan mereka, apa yang mereka sukai dan dengarkan cerita mereka dengan bijak.

4. Bepergian Bersama

Mengundang anggota keluarga pasangan untuk jalan-jalan adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk menjalin ikatan. Kamu bisa mengajak adik atau kakak pasangan atau bahkan sepupu dan anggota keluarga lainnya. Temukan apa yang mereka suka, kamu bisa melakukannya bersama.

5. Coba Hal Baru

Jika keluarga pasangan memiliki hobi yang berbeda denganmu, tak ada salahnya untuk mencoba hal tersebut. Cobalah untuk berbaur jika kamu mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan bersama. Ikutlah bersenang-senang dan hargai kesenangan mereka.

6. Ingat Akan Hal Kecil

Mengingat hal kecil yang membuat orang lain bahagia bisa membantu kamu untuk lebih dekat dengan mereka. Orang sangat senang jika diingat hari ulang tahunnya, anniversary pernikahan atau bahkan momen kecil lainnya. Kamu bisa menangkap hal ini saat berbincang dengan mereka, dengarkan dan ingat hal-hal yang mungkin sangat berarti bagi mereka.

7. Selipkan Humor

Jika kamu adalah orang yang bisa memecah tawa dalam keheningan, maka lakukanlah. Terkadang tawa dan canda adalah salah satu cara yang bisa menyatukan keluarga. Tapi kalau kamu buka termasuk orang yang dominan, kamu bisa selipkannya pada orang yang sedang diajak bicara.

8. Percaya Diri

Percayalah kamu adalah orang yang dicintai. Sebelum bertemu dengan keluarga pasangan perbanyaklah self talk. Yakinkan bahwa kamu adalah orang yang dipilih oleh pasanganmu untuk bertemu keluarganya. Tetap bertingkah normal dan tak berlebihan ya.

9. Hindari Topik yang Memicu Perdebatan Panjang

Tetaplah pada pembicaraan yang ringan dan menyenangkan. Jika saat itu adalah awal pertemuanmu, maka jangan pernah masuk ke dalam pembicaraan tentang hal-hal yang berat dan kontroversi atau lebih pribadi. Karena kita tak pernah tahu apa yang mereka yakini. Hindari juga menjelek-jelekkan pasangan di depan keluarga mereka, kecuali itu dengan cara yang menyenangkan, karena keluarga mereka mungkin akan merasa tersakiti.

10. Berdandan Sesuai dengan Acara

Kamu tidak perlu membeli pakaian baru atau mengganti cara berpakaianmu. Kamu hanya cukup berpakaian dengan rapih dan menyesuaikan dengan tema acara saat itu. Pakaian yang baik akan mendapatkan kesan yang baik pula. Rapih, sopan dan match, hal itu akan terlihat lebih nyaman dipandang mata.

11. Jangan Berbicara Buruk Tentang Keluarganya

Akan ada saat ketika pasanganmu pulang membawa keluhan atas keluarganya. Namun jangan sampai kamu menjadi orang yang membuat hal tersebut makin parah. Jika kamu menganggap masalah tersebut cukup serius dan membuatmu kesal, maka bahaslah dengan cara yang anggun, tenang dan penuh kasih sayang.

 

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama