Haruskah Bertanya Pertemanan Si Dia?

By February 15, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Berkaitan dengan hubungan pertemanan dan hubungan romantik dengan pasangan, akan sangat membantu untuk kamu memahami jika kebutuhan pasangan terpenuhi di kalangan teman-temannya sama halnya dengan hubungannya denganmu. Perlu diingat bahwa kamu tidak seharusnya tidak pernah mencoba mengontrol pertemanan pasangan atau mencoba melibatkan diri dalam pertemanannya.

Pasangan yang saling percaya tidak akan mengintimidasi partnernya tentang hubungan pertemanannya. Justru, jika kamu ingin tahu lebih banyak tahu tentangnya dan hubungan-hubungan lainnya, bertanyalah dengan tulus.

Ada penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang juga berteman memiliki kesempatan lebih baik untuk memiliki hubungan jangka panjang. Dengan memahami kebutuhan pasangan dalam hubungan pertemanannya, kamu juga akan dibekali tentang bagaimana cara untuk memenuhinya juga sebagai seorang teman hidup yang baik untuknya. Dengan begitu, pasangan akan tumbuh bersama lebih dekat satu sama lain.

Ada beberapa hal yang hanya didapat dalam hubungan pertemanan yang mana tidak didapatkan dalam hubungan romantis, terutama dalam tahap awal suatu hubungan. Untuk beberapa alasan, kita memiliki citra ideal yang dibuat untuk pasangan kita di tahap awal hubungan. Citra ideal tersebut adalah perpaduan dari bagaimana pasangan menunjukkan dirinya apa adanya dan ekspektasi tentang pasangan yang kita pikir kita inginkan.

Oleh karena itu, sebagian besar dari kita yang ingin memperkuat hubungan berusaha keras untuk hidup sesuai dengan ekspektasi kita sendiri tentang pasangan kita inginkan. Hal ini sebagian besar terjadi pada tingkat alam bawah sadar, karena kita berusaha untuk menjadi orang yang kita yakini sebagai pasangan kita.

Dalam hubungan pertemanan yang tulus, kita tidak perlu mencoba menjadi orang lain. Sehingga tidak heran jika hubungan yang baru sedang berbunga-bunga, teman dijadikan tempat mencari dukungan dan nasihat. Meskipun begitu, saat hubungan dengan pasangan menjadi lebih kuat dan aman, kita mengubah pasangan kita menjadi sumber dukungan yang biasa kita dapatkan dari teman. Sudah hal yang biasa jika orang yang berada dalam hubungan akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangannya.

Menguntungkan untuk memahami hal-hal yang diterima pasanganmu dari hubungan pertemanannya dan sangat membantu untuk kamu belajar lebih tentang nilai-nilai yang dipegang oleh mereka. Penting disadari bahwa pasanganmu tidak hanya ada dalam duniamu berdua. Setiap orang adalah bagian dari banyaknya jaringan hubungan sosial yang berbeda. Di luar dari hubungan yang dia miliki denganmu, dia memiliki peran penting dalam hubungan keluarga, pertemanan, organisasi, karir, dan masih banyak lagi.

Mengerti alasan pasanganmu menghabiskan waktu dengan teman-temannya yang beragam bisa sangat menyadarkan dan membantumu memahami pasangan lebih baik lagi. Contohnya mungkin ada temannya yang selalu ada saat suka dan duka, mengindikasikan betapa pasanganmu menghargai kesetiaan. Atau ada temannya yang selalu membuatnya tertawa, menunjukkan bahwa pasanganmu butuh humor yang menghibur dalam hidupnya. Mungkin ada temannya yang memiliki cara membuatnya nyaman dengan dirinya sendiri, menunjukkan bahwa pasanganmu butuh dukungan dan afirmasi positif lebih dari yang kamu tahu.

Intinya, cari tahu lebih banyak tentang bagaimana peran teman-temannya dalam kehidupan dia dan apa kebutuhan-kebutuhan yang dipenuhi dapat membantumu mengenal sosok pasanganmu terhadap orang lain, apa yang mereka hargai dalam hubungan, juga sebagai cara untuk kamu menjadi teman dan partner yang lebih baik untuk orang yang kamu cintai.

Sumber: Psychology Today

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama